Bangun 243 Rumah Warga miskin, Wabup Cek Kualitas Bangunan

Singaraja | Sebanyak 243 unit rumah dalam program bedah dan rehab rumah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Seluruh unit yang dibangun berada di tiga desa di Kecamatan kubutambahan, yakni desa Kubutambahan, Desa Bontihing dan Desa Tunjung.

Di Desa Kubutambahan dibangun 60 unit rumah, Di Desa Bontihing sebanay 79 unit rumah dan Di Desa Tunjung dibangun 104 unit rumah. Seluruhnya kini sedang dalam proses pengerjaan dengan melibatkan masyarakat secara langsung sebagai bagian dari program stimulan perumahan swadaya.

- Advertisement -

Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra menyatakan program ini menyasar warga yang tidak mampu dan telah terlaksana di seluruh kecamatan di Buleleng. “Disini rata-rata bantuan swadayanya bisa mencapai 20 juta, partisipasi masyarakat disini sangat luar biasa,” pungkasnya.

Dari sisi kualitas, program bedah dan rehab rumah ini cukup baik dan bisa membantu meringankan bebean warga miskin di Buleleng.

Menurutnya, ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk terus berupaya mensejahterakan masyarakat Buleleng.

Sementara salah satu warga Banjar Dinas Kaje Kangin, Desa Kubutambahan yang mendapatkan bantuan Gede Rediasa mengatakan, sangat bahagia dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Buleleng. Dulunya, rumah yang mereka huni sangatlah jauh dari layak, namun begitu karena keterbatasan ekonnomi rumahnya tak pernah direhab.

- Advertisement -

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Buleleng terutama Bupati dan Wakil Bupati Buleleng. “Saya sangat terharu dan bahagia karena sudah diberikan bantuan. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati karena sudah mau membantu saya,” ujar pria setengah baya ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Gede Komang menjelaskan bantuan ini hanya diberikan kepada masyarakat yang memilik rumah sesuai dengan kriteria tertentu. “Rumah yang hanya ada atap dan berdinding bedeg itu bisa mendapatakan rehab rumah sedang dan berat sementara untuk pembangunan baru untuk warga yang tidak memiliki rumah,” jelasnya. Gede Komang mengatakan bantuan yang diberikan ini berupa bahan bangunan senilai Rp. 30 juta. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts