Pekerja Diminta Waspada Tangani Potensi Kecelakaan Kerja

Singaraja | Para pengusaha dan pekerja diminta untuk tanggap dan waspada terhadap potensi kecelakaan kerja dimasing-masing wilayah kantornya. Potensi cukup rentan terjadi biasanya peristiwa kebakaran yang bisa mengancam keselamatan para pekerja dalam menjalankan pekerjaannya.

Karena hal itulah Kampanye Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terus dilakukan di Kabupaten Buleleng, Bali. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng mengaku terus melakukan kampanye dan sosialisasi terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja ini.

- Advertisement -

Salah satu upaya solutif yang dilakukan sedbagai salah satu materi kampanye oleh Disnakertrans adalah menggelar simulasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Desa Sambirenteng, Kecamataa tejakula, Selasa (2/2). Simulasi digelar dengan materi penyelamatan pekerja pada saat terjadinya kebakaran.

Menurut Kepala DInas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Putri, simulasi in diharapkan bisa membuat para pengusaha dan pekerja tanggap akaj potensi bencana dan bisa melakukan penyelamatan diri.

Kampanye Keselamatan dan Kesehatan Kerja ini sengaja dirangkaikan dengan simulasi penanganan kebakaran karena lingkungan kerja sangat rentan terhadap bahaya kebakaran.

“Semakin dini tahu dan paham caranya, semakin mudah penanganannya. Kerugian juga bisa ditekan. Pengusaha tidak terlalu banyak rugi, pekerja tidak terancam kehilangan pekerjaan,” jelasnya.

- Advertisement -

Sementara itu Asisten II Setda Buleleng, Ida Bagus Geriastika mengatakan, pemahaman penanggulangan kebakaran, harus ditularkan ke seluruh pekerja. “Yang ikut simulasi sekarang, harus bisa menjelaskan caranya ke rekan-rekannya. Semakin banyak yang tahu dan paham, semakin baik,” ucapnya.

Kampanye ini juga mengundang seluruh stakeholder baik itu pengusaha maupun pekerja. Selain diisi dengan simulasi penanganan kebakaran, kampanye ini juga diisi dengan acara penanaman pohon, pemberian penghargaan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja terbaik, serta pemberian BPJS Award. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts