DPC PDIP Buleleng Buka Pendaftaran Tapi Baru Seorang Yang Ambil Formulir

DPC PDIP BUleleng sudah membuka proses penjaringan bkal calon bupati dan Wakil Bupati Buleleng, 12 bulan sebelum Pilkada digelar. |Foto: Rika Mahardika|

Singaraja| DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Buleleng mulai membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng. Formulir sudah disediakan oleh pihak panitia penjaringan, dan siapapun boleh mengambil formulir pencalonan. DPC PDIP Buleleng tercatat sebagai partai pertama di Buleleng yang membuka pendaftaran bakal calon karena instruksi DPP PDIP menyatakan 12 bulan sebelum Pilkada sudah harus dibuka proses penjaringan.

Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng sebagai upaya penjaringan tersebut, telah dilaksanakan DPC PDI perjuangan Buleleng sejak 13 Februari lalu. Hanya saja, setelah tiga hari proses pengambilan formulir pendaftaran yang dibuka di Sekretariat DPC PDI perjuangan di Jalan Gajah Mada hanya satu orang yang mengambil formulir pendaftaran atas nama Ketut Budiana yang berasal dari Desa Sangsit Kecamatan Sawan.

Ketua Panitia penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati DPC PDI Perjuangan Buleleng Dewa Ketut Suardipa menjelaskan, Proses penjaringan dan penyaringan ini merupakan intruksi dari DPP PDI Perjuangan yang harus dilaksanakan. Apalagi dalam intruksi itu DPC diharuskan menyampaikan hasil penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 29 Februari mendatang.

“ya ini adalah intruksi dari pusat yang harus kami laksanakan. Apalagi dalam Peraturan Partai no 4 tahun 2015 sudah jelas tertuang bahwa proses penjaringan harus dilakukan 12 bulan sebelum pelaksanaan Pemilukada,” Jelasnya.

Dewa Suardipa menambahkan, untuk pelaksanaan proses penjaringan dan penyaringan di Buleleng akan dilaksanakan hingga 19 Februari mendatang.

“Setelah itu kami lakukan verifikasu untuk diajukan ke DPD PDI Perjuangan Bali, nanti DPD yang mengajukan ke DPP,” Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng Putu Agus Suradnyana yang sudah mendeklarasikan diri akan kembali maju dalam Pemilukada 2017 mendatang belum melakukan pendaftaran. Ia mengaku masih mencari hari baik. “Kan masih ada cukup waktu, kita tunggu hari baik dulu untuk melakukan pendaftaran,” Ungkapnya. |RM|