Buleleng Absen di Dua Kegiatan PKB Bali

Singaraja| Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali tahun 2016 kembali akan digelar. PKB Kabupaten Buleleng akan digelar akhir Mei 2016 dan PKB Propinsi Bali berlangsung bulan Juni 2016 mendatang. Diajang PKB Bali, Kabupaten Buleleng tidak mengikuti dua program kegiatan yakni Taman Penasar dan Dalang Anak anak.

Pemkab Buleleng telah menyiapkan diri untuk menggelar dan mengikuti dua kegiatan tersebut dengan melibatkan seniman-seniman Buleleng. Selama ini, Pesta Kesenian Bali dimanfaatkan sebagai wahana berkesenian termasuk pengembangan dan pelestarian Budaya Bali. Pelaksanaan PKB Bali tahun 2016 yang mengambil tema “Karang Awak” yangpunya makna mencintai tanah kelahiran, akan berlangsung 11 juni hingga 9 Juli 2016 di Taman Budaya Provinsi Bali.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng, Gede Suyasa mengatakan penentuan perwakilan atau duta Kabupaten Buleleng di PKB Bali mendatang sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. Salah satunya yakni keterlibatan Sekaa Gong anak anak. Diimana penentuan Duta Kabupaten Buleleng dilakukan melalui seleksi dalam Program Utsawa Merdangga Gong Kabyar Anak anak. Sekaa yang menjadi juara dalam ajang itu otomatis menjadi Duta Kabupaten Buleleng dalam PKB Bali.

“Kalau tahun lalu ada enam program yang tidak kita ikuti, dan untuk tahun 2016 ini hanya dua program yang kita absen. Ini karena dua kesenian itu memang bukan kararter Buleleng. Tapi kita akan mulai pembinaan sehingga tahun depan bisa kita ikuti,” ungkap Gede Suyasa.

Dua program kesenian itu yakni Taman Penasar dan Dalang Anak anak. Disbudpar akan mencoba untuk membina dua kesenian sehingga tahun-tahun berikutnya diharapkan bisa diikuti.

Disisi lain, untuk memantapkan penampilan para Perwakilan dari Buleleng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng juga akan menggelar PKB di tingkat Kabupaten. Menurut rencana PKB Buleleng akan berlangsung pada akhir Bulan Mei mendatang.

- Advertisement -

“Kalau ditingkat Kabupaten, nanti di akhir Bulan mei akan kita gelar di Eks Pelabuhan Buleleng. Disana para Duta Buleleng ini akan tampil. Bisa dibilang kegiatan ini sebagai ajang gladi bersih lah,” jelasnya. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts