Pemkab Buleleng Kembali Gelontorkan Bantuan Untuk Lansia

Singaraja | Setelah sebelumnya memberikan bantuan di Desa Tukad Sumaga, Kecamatan Gerokgak dan Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt untuk para lansia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali menggelontorkan bantuan untuk para lanjut usia (lansia). Kali ini Pemkab Buleleng melalui Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Buleleng menyerahkan bantuan kepada para lansia di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan dan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kamis (3/3). Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana. Bantuan diserahkan secara simbolis di Kantor Desa Sekumpul dan Kantor Desa Bondalem.

Di Desa Sekumpul, Ny. Aries Suradnyana memberikan bantuan kepada 50 lansia yang ada di desa setempat. Lima puluh lansia tersebut berusia 60 tahun keatas. Di Aula Desa setempat, Ny. Aries Suradnyana juga bercengkrama dengan para lansia. Ia juga mengajarkan gerakan senam jari sederhana kepada para lansia di Desa Sekumpul.

- Advertisement -

Selanjutnya, Ny. Aries Suradnyana menuju Desa Bondalem. Kedatangannya disambut hangat oleh Perbekel Desa Bondalem, Nyoman Ngurah Astawa, S.Sos beserta staf. Selain itu, puluhan lansia juga menyambut dengan gembira kedatangan Ny. Aries Suradnyana di Kantor Desa setempat. Di sini, ia juga menyerahkan bantuan berupa sembako. Ny. Aries Suradnyana juga menekankan akan menindaklanjuti para lansia yang terkena katarak.

Selain mengunjungi para lansia di dua desa tersebut, Ny. Aries Suradnyana juga mengunjungi Kakek Gina, warga Desa Pacung Kecamatan Tejakula berusia 70 tahun. Gina mengalami lumpuh setelah mengalami kecelakaan dua tahun yang lalu. Kini Gina diasuh oleh cucunya yang bernama Gede Dharma yang masih sekolah di SMP Negeri 4 Tejakula. Mereka berdua tinggal bersama dengan paman Gede Dharma yaitu Gede Bulandana yang mengidap gangguan jiwa. Di rumah Kakek Gina ini, Ny. Aries Suradnyana juga memberikan bantuan berupa sembako.

Ditemui usai memberikan bantuan kepada kedua desa dan Kakek Gina, Ny. Aries Suradnyana menegaskan Kakek Gina telah dibantu oleh Dinas Sosial seperti pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) ataupun bantuan lainnya. Kakek Gina juga telah dipantau oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat. “Untuk cucunya, sekolahnya telah dibantu Komunitas Peduli Pendidikan Desa (KPPD) Desa Pacung. Sedangkan untuk Kakek Gina telah dibantu oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan,” tegas Ny. Aries Suradnyana.

Pihaknya menambahkan, pada saat memberikan bantuan kepada lansia, ia menemukan banyak kasus katarak. Katarak memang banyak menyerang manula (manusia lanjut usia-red). Paramedis yang ada di desa sudah memeriksa atau screening para lansia yang ada. Nantinya, kalau banyak lansia yang mengidap katarak, mobil Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) akan datang ke desa untuk melakukan operasi katarak. “Pemkab Buleleng telah melaksanakan kerjasama dengan YKI yang menyasar para penderita katarak,” imbuhnya.

- Advertisement -

Untuk diketahui, pemberian bantuan berupa sembako ini merupakan agenda rutin tahunan. Pemberian bantuan ini dilaksanakan sebelum hari raya Nyepi dan juga serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Singaraja yang ke-412. Selain memberikan bantuan, diselenggarakan juga pelayanan kesehatan gratis kepada lansia. |ADV – Humas Buleleng|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts