Buleleng Targetkan PIN Polio 95 Persen

Singaraja | Kabupaten Buleleng menargetkan sampai 95 persen peserta yang akan menjalani pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, walaupun agendanya diundur dari jadwal nasional karena Hari Raya Nyepi. PIN Polio di seluruh Bali baru akan terlaksana 15 – 22 Maret 2016.

Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra mengatakan instansinya sudah sangat siap untuk melaksanakan agenda PIN Polio secara nasional ini. Semua petugas sudah dikerahkan dengan maksimal untuk melakukan persiapan dan pelaksanannya nanti.

- Advertisement -

“Sesuai target nasional minimal kita 95 persen. Sosialisasi sudah kita lakukan, ibu-ibu dan balita sudah diimbau untuk datang melakukan PIN Polio di masing-masing pos yang terlaksana,” ujar Sutjidra Jumat (11/3) kemarin.

Menurut Sutjidra, PIN Polio ini sangat penting karena menyangkut kesehatan jangka panjang bagi anak-anak Indonesia. Semua balita berumur 0 – 59 Bulan wajib mengikuti ini. Untuk itu, Ibu-ibu yang memiliki balita diharapkan bisa mendatangi Pos PIN terdekat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, dr. Gusti Nyoman Maha Pramana mengatakan sebanyak 48.349 balita yang akan menjalani PIN Polio. Pihaknya juga optimis seluruh balita yang ada di Buleleng bisa mendapatkan PIN Polio ini secara gratis. Dinas Kesehatan telah menyiapkan sekitar 700 posyandu di seluruh perdesaan di Sembilan kecamatan di Buleleng.

Petugas yang diterjunkan berasal dari Dinas Kesehatan dan masing-masing Puskesmas yang disebar ke masing-masing pos. Jumlah petugas itu terdiri 279 bidan, 191 perawat dan 187 petugas kesehatan, 160 supervisor di masing-masing desa/kelurahan.

- Advertisement -

“Buleleng sudah siap melaksanakan PIN Polio ini, Petugas sudah terjun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi baik secara langsung ke masyarakat, atau adapun juga langsung melalui SMS, BBM dan lainnya ke para orang tua yang memiliki balita,” ujar Kadiskes kemarin.

Sosialisasi ini juga sudah diakui oleh salah seorang ibu rumah tangga, Yaniek Aprintya Dewi. Dia mendapatkan informasi melalui sms yang dikirimkan oleh petugas Posyandu di lingkungannya. Informasi itu menyangkut soal jadwal PIN Polio dan imbauan untuk mengajak anaknya ke Posyandu guna mendapatkan PIN Polio. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts