Pembangunan Buleleng Masih Prioritas Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur

Singaraja | Pembangunan Buleleng dalam beberapa tahun kedepan masih memprioritaskan bidang Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur. Agenda pembangunan ini salah satu faktor penting yang bisa memicu kesejahteraan masyarakat. Hal itu terungkap dalam Musrenbang Kabupaten Buleleng, Senin (21/3) kemarin.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana berharap Pemerintah Desa bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten di setiap program pembangunan. Usulan-usulan pembangunan dari tingkat desa ke kabupaten harus berjalan dengan baik. Selain ketiga prioritas pembanguna nitu, salah satu program yang juga harus sinkron antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten yakni mengenai pengembangan obyek wisata di pedesaan.

- Advertisement -

“Sebelumnya di daerah atas sudah kita lakukan perbaikan destinasi wisata, saya harap desa-desa lain bisa menggali potensi wisatanya dan bisa mensinergikannya dengaan Pemerintah Kabupaten” harapnya.

Dalam proses Musrenbang terdapat usulan dari tingkat desa sebanyak 1320 usulan, Musrenbang di tingkat Kecamatan dengan 505 usulan, dan Konsultasi Publik dan Gabungan SKPD dengan 429 usulan.

Kepala Bappeda Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si,  dalam laporannya memaparkan, tujuan dari penyelenggaraan Musrenbang ini adalah untuk menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). “Selain menyempurnakan rancangan awal RKPD, tujuan Musrenbang ini juga untuk menyusun rincian rancangan awal kerangka regulasi yang merupakan rencana kegiatan pembangunan,” paparnya.

Darmaja juga berharap kebijakan Pemerintah Daerah dan struktur pemerintaha diatasnya serta dari rakyat dapat sinkron. “Musrenbang ini diharapkan bisa menciptakan sinkronisasi yang lebih mantap sehingga program yang direncanakan bisa berjalan optimal,” harapnya.

- Advertisement -

Musrenbang yang mengambil tema “Sinergitas Pembangunan Daerah berbasis Perkotaan dan Pedesaan untuk Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat” ini diikuti kurang lebih 500 orang yang terdiri dari Ketua Komisi DPRD beserta anggota, Para Pimpinan SKPD, Camat, LSM, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Instansi vertikal serta Perguruan Tinggi.

Musrenbang Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Gedung Mr. Ketut Pudja ex. Pelabuhan Buleleng ini dibuka langsung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST. Dalam Kesempatan itu hadir pula Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Buleleng, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng serta seluruh Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts