PSN Dua Kali Seminggu, Masyarakat Juga Harus Hidup Sehat

Singaraja | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mencanangkan Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Sinabun, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali Jumat (8/4).

Gertak dilakukan dengan pertimbangan peningkatan kasus penderita demam berdarah yang terus mengalami peningkatan. Bukan hanya di Buleleng, namun juga terjadi di seluruh Bali. Peningkatan kasus DB yang cukup meresahkan warga ini akibat cuaca yang tidak teratur.

- Advertisement -

“Peningkatan ini disebabkan oleh perubahan cuaca dan iklim yang tidak menentu. Demam berdarah ini bahkan beresiko kematian. Pemberantasan Sarang Nyamuk ini sangat penting karena menyebarnya kasus demam berdarah di seluruh Bali. “ ujar Bupati.

Selain gertak, Bupati juga mengajak masyarakt untuk bisa hidup sehat dengan menjaga kondisi lingkungan di sekitar rumah. “Gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk secara rutin di seluruh Kabupaten Buleleng, itu dilakukan setiap minggu dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Selain PSN, juga harus disertai peningkatan pola hidup sehat di masyarakat.” ujar Agus.

Agus Suradnyana memimpin langsung Gertak PSN bersama para perangkat desa dan Linmas di Desa Sinabun. Warga juga diajak berpean aktif dalam kegiatan fogging serta menabur bubuk abate pada genangan air, kolam dan tempat penampungan yang disinyalir bisa menjadi sarang nyamuk.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang memberi dukungan pada gerakan ini. Selain Muspika, juga perangkat dan unsur-unsur desa yang sangat antusias sehingga mampu menggerakkan warga melakukan PSN di lingkungan masing-masing. Pemberantasan secara serentak ini lebih efektif untuk memerangi siklus perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti,” tandasnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts