PSN Serentak Bergerak ke Seririt

Singaraja | Pemkab Buleleng terus berupaya menekan kasus Demam Berdarah dengan cara melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Pemerintah mendorong seluruh kecamatan supaya melakukan PSN secara serentak.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak kali dilakukan di Kecamatan Seririt dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp. Jumat (15/4). PSN menyasar seluruh desa yang ada di Kecamatan Seririt.

- Advertisement -

Wabup Sutjidra secara simbolis memulai fogging dari Kelurahan Seririt, Desa Lokapaksa, serta di Desa Bubunan. Dalam kesempatan itu hadir pula Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Budi Prasetyo.

Sutjidra menjelaskan, Fogging ini merupakan usaha Pemkab Buleleng untuk memerangi nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah (DB). Melalui Dinas Kesehatan, PSN akan terus dilakukan di seluruh Kecamatan. Ini dilakukan untuk mencegah meningkatnya kasus DB di Buleleng. Selain melakukan fogging, Wabup Sutjidra juga memberikan serbuk Abate untuk kepala Desa yang ada di Kecamatan Seririt. Abate ini nanti akan diberikan kepada masyarakat untuk ditebar di tempat penampungan air. Abate ini berfungsi untuk memutus perkembang biakan nyamuk aedes aegypti di rumah masing-masing warga.

Pemkab Buleleng akan terus melakukan PSN ini secara simultan. Ini diyakini bisa mencegah terjadinya kasus DB di Buleleng. Wabup Sutjidra mengaku melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menyatakan perang melawan nyamuk.

“Kita utamakan daerah yang sudah ada kasus DB terlebih dahulu,” pungkas Wabup Sutjidra usai memimpin gerekan PSN ini.

- Advertisement -

Sutjidra mengakui penanganan kasus DB memang cukup sulit untuk diatasi. Buleleng menjadi daerah tertinggi kedua setelah Kabupaten Gianyar terkait jumlah kasus Demam Berdarah.

“Kasus DB di Buleleng memang sangat tinggi, di Bali kita berada di peringkat kedua setelah Kabupaten Gianyar,” jelasnya.

Wabup Sutjidra pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Yang berperan besar untuk mencegah DB adalah masyarakat itu sendiri, dengan menjaga kebersihan lingkungan, membersihakan penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk, sehingga nyamuk aedes aegypti tidak berkembang biak. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts