PDAM Siap Suplay Air Ke Kembang Sari

Singaraja| Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng mengaku siap untuk membantu suplay air ke Dusun Kembang Sari Desa Pangkungparuk Kecamatan Seririt, melalui mobil tanki air.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Buleleng Made Lestariana menjelaskan, Desa Pangkungparuk di Kecamatan Seririt bukan merupakan Daerah Layanan Air Minum PDAM Buleleng, melainkan pengelolaan air dilakukan secara swakelola oleh Desa tersebut. Pun demikian, PDAM Kabupaten Buleleng siap akan memberikan suplay air bersih kepada masyarakat di Desa tersebut melalui mobil tanki milik PDAM Buleleng, terutama saat musim kemarau tiba.

- Advertisement -

“Desa Pangkungparuk bukan merupakan daerah layanan kami, karena Desa tersebut melakukan pengelolaan air bersih secara swakelola. Tapi kalau memang masyarakat disana membutuhkan air bersih saat musim kemarau mendatang, kami siap mensuplay air bersih kesana,” Jelas Lestariana.

Menurut Dirut PDAM Buleleng Made Lestariana, Saat ini memang PDAM Buleleng tengah melakukan penelitian untuk mencari sumber air bersih di Desa Banjarasem. Jika memang ditemukan sumber mata air dengan debit yang besar, PDAM akan membangun System Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

“Saat ini kami tengah melakukan penelitian terhadap sumber air bersih di Desa Banjarasem, karena rencana kita untuk membangun SPAM di Desa itu. Kalau memang ditemukan dengan debit yang besar, mungkin SPAM bisa kami bangun di perbatasan, sehingga Desa Pangkungparuk bisa menjadi daerah layanan PDAM Buleleng,” Imbuhnya.

Kemungkinan yang lain, kata Lestariana akan menggunakan debit air dari bendungan Titab. Jika memungkinkan pula untuk menggunakan air dari bendungan titab dengan ebrbagi treatment, maka selanjutny atinggal membangun rencana untukpembuatan SPAM. Saat ini, PDAM Buleleng sedang mengkaji berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan air bersih di beberapa wilayah kecamatan yakni, Kecamatan Seririt termasuk di dalamnya Desa Pangkungparuk, Kecamatan Gerokgak, dan Kecamatan Busungbiu. |RM|

- Advertisement -

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts