Hari Ini, Dinas PU Susur Sumber Air di Bukit Yeh Selem

Singaraja |Tim dari Dinas Pekerjaan umum (PU) Kabupaten Buleleng bersama sejumlah aparat Desa Pangkung  Paruk berencana akan menyusuri perbukitan di wilayah Dusun Yeh Selem, untuk melakukan penelitian dan pemetaaan sumber air di wilayah itu, Rabu (18/5) hari ini. Pemetaan ini dilakukan untuk rencana pembuatan jaringan infrastruktur disitribusi guna memenuhi kebutuhan air bersih di tujuh dusun di Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt.

Agenda itu dipastikan langsung oleh Kepala Desa Pangkung Paruk, Ketut Sudiarsana. Sebelumnya tim dari DInas PU Kabupaten Buleleng sempat berkoordinasi dengan pihak desa terkait dengan permasalahan krisis air di Desa Pangkung Paruk yang terjadi selama bertahun-tahun.

- Advertisement -

Sudiarsana mengatakan selama ini memang beberapa sumber air di wilayah hutan Yeh Selem sudah dimanfaatkan oleh desa untuk memenuhi kebutuhan air bersih, namun pengelolaanya masih sederhana dan tidak menggunakan teknologi apapun.

“Selama ini memang dikelola oleh desa, tetapi soal tehnik pengelolaannya kan masih sederhana. Hanya mengalirkan dari atas ke bawah begitu saja. Maka itu, kalau kemarau aliran air bersih di desa kami memang sulit sekali karena di hulu tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Sekarang jika Dinas PU bisa melakukan pemetaan dan pembuatan infrastrukturnya kedepan permasalahan ini bisa teratasi,” terang Kepala Desa, Ketut Sudiarsana, Selasa (18/5).

Sudiarsana mengaku sebeneranya Desa Pangkung Paruk pernah mengusulkan bantuan untuk pembuatan jaringan air bersih ke Pemerintah Kabupaten Buleleng beberapa tahun lalu namun belum pernah terealisasi.

Selama bertahun-tahun, wilayah ini selalu kesulitan air bersih. Hampir seluruh Dusun di desa ini mengalami permasalahan yang sama.

- Advertisement -

Pemandangan yang cukup miris seringkali terlihat di Dusun Kembang Sari. Warga dusun setempat setiap hari harus berjuang mencari air dengan cara  antre cukup lama di kran-kran umum milik dusun yang terpasang dipinggir jalan dusun.

Beruntung, saat ini masih terpengaruh musim hujan sehingga debit airnya cukup besar. Namun, ketika musim kemarau pemenuhan air bersih sangat sulit di wilayah Dusun Kembang Sari. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts