Ratusan Tukik Dilepas dari Pantai Penimbangan

Singaraja, koranbuleleng.com,  Ratusan ekor anak penyu atau tukik, dilepas dalam kegiatan save penyu yang berlangsung di Pantai penimbangan Desa Baktisegara Singaraja, Minggu 19 Juni 2016.

Pelepasan tukik diprakarsai sejumlah komunitas dan organisasi di Kabupaten Buleleng. Walaupun diguyur hujan, namun tidak menyurutkan niat kegiatan pelepasan tukik tersebut. Masyarakat juga antusias menyambut pelepasan tukik ini.

- Advertisement -

Selain melakukan pelepasan tukik, kegiatan tersebut juga diisi dengan acara penanaman pohon jenis ketapang di sepanjang kawasan pantai Penimbangan Singaraja.

Koordinator kegiatan Save Penyu Penimbangan Putu Dedy Yastika menjelaskan, kegiatan save penyu ini merupakan upaya untuk perlindungan dan pelestarian terhadap keberadaan penyu. Pun demikian, upaya ini belum bisa dilakukan secara maksimal.

“Ini kami lakukan sebagai bentuk upaya perlindungan dan pelestarian, namun belum optimal kita bisa lakukan karena masih keterbatasan sarana dan prasarana termasuk kemampuan kita untuk mengelola konservasi terhadap penyu ini,” jelas Dedy Yastika

Pria yang akrab disapa Melor ini berharap agar Pemerintah Kabupaten Buleleng khususnya bisa memberikan dukungan maupun pendampingan, sehingga upaya untuk perlindungan dan pelestarian ini bisa dilakukan secara maksimal.

- Advertisement -

“Kami berharap pihak-pihak terkait memberikan dukungan dengan program yang kita lakukan, karena terus terang pengetahuan kami terhadap uaya konservasi ini sangat minim, sehingga kedepan kami bisa diberikan semacam bimbingan atau pelatihan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan kelautan (Kadiskanla) Buleleng Made Arnika yang hadir dalam kegiatan itu, mengakui senergitas yang dilakukan komunitas dan lembaga di Buleleng secara bersama akan mampu menjaga dan melestarikan penyu yang habitatnya sudah langka dan sangat dilindungi.

“Kami sangat memiliki kepentingan atas langkah-langkah yang telah dilakukan Komunitas Save Penyu Penimbangan ini, kegiatan ini sangat mulia dan kami merasa bahagia dan bangga dengan langkah-langkah yang dilakukan masyarakat dalam melestarikan penyu yang sudah langka ini,” ujar Arnika.

Kegiatan Save Penyu Penimbangan juga diwarnai dengan pengumpulan donasi yang dilakukan anggota Pramuka dari Saka Bahari Kwarcab Buleleng dan juga lelang lukisan dari Dient Cartoon yang seluruh dana tersebut diberikan kepada aksi Save Penyu Penimbangan. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts