Ratusan Siswa Ikuti Lomba Kreativitas Anak

Ratusan anak-anak mengikuti lomba kreatifitas anak serangkaian Buleleng Festival |Foto : Nova Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com| Ratusan anak sekolah mulai dari PAUD/TK, Sekolah Dasar dan SMP mengikuti lomba kreatifitas anak rangkaian dari Bulfest ke-4. Lomba kreativitas ini terdiri dari lomba mewarnai tingkat TK/PAUD, lomba menggambar tingkat SD, dan lomba membuat karikatur tingkat SMP. Lomba ini diikuti oleh siswa TK/PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Buleleng, di rumah jabatan Bupati Buleleng, Rabu 3 Agustsu 2106.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd kegiatan kali ini diikuti oleh ratusan siswa TK/PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Buleleng. Lomba mewarnai diikuti oleh 100 siswa TK/PAUD. Lomba menggambar diikuti oleh 235 siswa SD dan lomba membuat karikatur diikuti oleh 74 siswa SMP. “Lomba kreativitas anak ini diikuti oleh ratusan siswa TK/PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Buleleng. Lomba ini diselenggarakan untuk mengisi Buleleng Festival tahun 2016,” ungkapnya.

Gede Suyasa menjelaskan selain mengisi kegiatan Buleleng Festival tahun 2016, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Menggali dan melihat potensi serta bakat siswa dalam hal mewarnai, menggambar dan membuat karikatur. “Lomba ini akan berlangsung selama 2 jam. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Disinggung mengenai gairah seni di sekolah-sekolah, mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini mengungkapkan dengan adanya program pendidikan yang berbasis karakter, pendidikan yang meningkatkan integritas serta menjadikan pendidikan sebagai ekosistem yang menyenangkan, tentu kreativitas mendapat ruang yang lebih. Pemerintah Kabupaten Buleleng pun dalam RPJMD nya sudah mendorong kreativitas di bidang seni dan budaya.

“Rata-rata yang terlibat dalam kreativitas seni masyarakat adalah anak-anak dari sekolah. Tentu dengan program tersebut, sekolah terdorong juga untuk mengembangkan seni dan kreativitasnya,” tutup Gede Suyasa. |NP|