Ratusan Sepeda Hias Meriahkan Kemerdekaan

Singaraja, koranbuleleng.com| Pawai sepeda hias Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Kecamatan Sawan, Buleleng. Ratusan peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa, meramaikan kegiatan ini, Sabtu 13 Agustus 2016 lalu. Rutenya melewati sejumlah wilayah pertanian dan pantai. Kemeriahan sepeda hias ini sebenarnya mengajak warga untuk mencintai lingkungan.

Ketua ISSI Buleleng, Ni Kadek Turkini, SH melepas langsung peserta Pawai Sepeda Hias di garis start. Kegiatan yang baru dilaksanakan untuk pertama kali ini diikuti oleh ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar hingga Menengah Pertama serta melibatkan guru-guru dan masyarakat umum.

- Advertisement -

Sepeda hias yang digunakan para peserta penuh dihiasi dengan kertas warna-warni dan bendera merah putih. Menambah semarak, siswa-siswa SD-SMP ini sengaja menggunakan kostum atau baju dan juga pernak-pernik dengan warna merah putih. Peserta tampak riang di sepanjang rute yang ditempuh.

Ni Kadek Turkini mengatakan, menyambut baik kegiatan ini, dari fun bike dengan tema sepeda hias seperti ini merupakan ajang untuk meningkatkan tali persaudaraan antar club olahraga sepeda sekaligus memasyarakatkan olah raga sepeda di seluruh Kabupaten Buleleng.

“Saya memberikan apresiasi kepada pihak panitia, kegiatan ini dapat merangkul bakal atlit sepeda. Mudah-mudahan dari event seperti ini bisa menyaring atlit sepeda asal Kabupaten Buleleng. Selain itu, kegiatan ini salah satu moment yang sangat bagus memperkenalkan olah raga sepeda kepada masyarakat luas, Dengan begitu, kecintaan masyarakat terhadap olahraga sepeda bisa lebih meningkat lagi dimasa yang akan datang.” tuturnya usai pelepasan peserta fun bike.

Camat Sawan, Drs IGN suradnyana mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Fun bike ini merupakan salah satu bentuk ajakan untuk hidup sehat.

- Advertisement -

“Yang pertama, tentu dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI yang 71. Kemudian mensosialisasikan  olahraga bersepeda, kita mengajak anak-anak sekolah untuk selalu hidup sehat. Hal ini merupakan salah satu bagian dari pembentukan karakter.” ucap IGN Suradnyana.

IGN Suradnyana menyebut fun bike kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimeriahkan juga oleh pawai sepeda hias. Rute yang ditempuh peserta sepanjang 4 km dimulai dari Pantai Kerobokan dan berakhir di Pantai Desa Giri Emas. Ajakan cinta lingkungan juga disisipkan dalam pawai ini. Anak-anak dibebaskan menuangkan segala kreatifitasnya untuk menghias sepeda yang mereka gunakan.

“Fun Bike kali ini juga disemarakkan oleh penampilan pawai sepeda hias yang diikuti oleh para pelajar, namun bukan dilombakan. Pagi ini kami mengajak peserta untuk menikmati alam pedesaan, tentunya hal ini tak lepas untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Kerobokan dan Desa Giri Emas. Dengan menggelar sepeda hias, secara langsung kita  mengajarkan anak-anak agar bisa memanfaatkan limbah-limbah sampah menjadi bermanfaat. Sehingga nantinya bisa menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada di sekitarnya.” jelasnya.

Selaian pengundian beragam door prize, mulai peralatan rumah tangga, alat elektronik, hingga hadiah utama dua sepeda gunung, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembagian sembako bagi warga kurang mampu dan penyandang distabilitas yang dilaksanakan di pantai Desa Giri Emas. |NH|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts