Empat Desa Terima Mobil Pengangkut Sampah

Singaraja, koranbuleleng.com| Empat desa di Buleleng mendapatkan bantuan mobil pengangkut sampah. Bantuan ini berasal dari Pemkab Buleleng dan diserahkan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.

Empat desa yang mendapatkan bantuan ini yakni tiga desa di Kecamatan Sukasada yaitu Desa Ambengan, Desa Selat dan Desa Kayuputih Melaka dan satu mobil diserahkan kepada Desa Tejakula, Kecamatan Tejakula, Jumat 19 Agustus 2016.  Mobil pengangkut sampah ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk desa pengelola Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

- Advertisement -

Sebelumnya Pemkab Buleleng melakukan pengadaan mobil pengangkut sampah sebanyak 27 unit. Pengadaan mobil pengangkut sampah ini dilakukan agar program Buleleng bebas sampah pelastik bisa terwujud. Hingga saat ini, dari 148 Desa yang ada di Kabupaten Buleleng, hanya 27 Desa yang telah melakukan pengolahan sampah melalui TPST.

Menurut Perbekel Desa Kayuputih Melaka, Kecamatan Sukasada, Ketut Sumenaya, SE, mengatakan Desa Kayuputih Melaka sudah mempunyai Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).  Namun, mobilitasnya kurang sehingga sampah tidak tertangani dengan baik terutama di rumah-rumah penduduk dan vila-vila. Dengan adanya bantuan mobil pengangkut sampah ini, penanganan sampah bisa lebih maksimal.

“Kami akan intensifkan penanganan sampah di Desa kami mulai dari rumah-rumah warga dan juga vila-vila yang ada di Desa Kayuputih Melaka,” ucap Sumenaya.

Camat Sukasada, I Made Dwi Adnyana, S.STP menambahkan dalam rangka mendukung program Buleleng Bebas Sampah plastik, Kecamatan Sukasada sudah melakukan upaya-upaya dengan para Perbekel dengan membentuk kader Gerakan Terpadu Atasi Sampah Plastik (Gardupasti).

- Advertisement -

Kader-kader Gardupasti sudah ada di desa-desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Sukasada. Komitmen dari pemerintah desa pun sudah sangat luar biasa.

“Ada sejumlah desa yang langsung berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Untuk wilayah Kecamatan Sukasada astungkara bisa berjalan dengan baik,” imbuh Dwi Adnyana.

Desa Tejakula juga mendapatkan bantuan mobil ini. Penyerahan ini dilakukan saat Gebyar Kebersihan Desa Tejakula di Pantai Tejakula. Perbekel Tejakula, I Ketut Suardana mengatakan Desa Tejakula sangat memerlukan bantuan mobil ini. Penanganan sampah dengan mendirikan TPST di Desa Tejakula sudah berlangsung sejak tahun 2007.

“Semua sampah yang ada di Desa Tejakula sudah diangkut ke TPST. Kami akan terus mendukung program Buleleng Bebas Sampah Plastik,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menjelaskan Pemkab Buleleng memberikan bantuan mobil ini kepada desa-desa yang sudah mempunyai TPST. Dengan APBDes yang besar, diharapkan semua memiliki TPST. Ke depan Desa sudah harus memulai untuk memperhatikan lingkungan.

“Bagaimanapun juga walau berbentuk desa, masalah sampah menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkap Bupati yang akrab dengan sebutan PAS ini.

Bupati asal Desa Banyuatis ini juga menambahkan wilayah desa juga harus bersih. Dengan tertanganinya sampah, masalah kesehatan juga tertangani. “Untuk mendukung program ini, tahun depan kita anggarkan lagi 50 mobil. Dengan adanya pengadaan ini, kita dorong 50 desa lagi agar memiliki TPS dan ini bisa diusulkan melalui Musrenbang,,” tutupnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts