Pembangunan RTH Sukasada Tahap Pertama Telan 4 Miliar

Singaraja, koranbuleleng.com| Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Sukasada mulai dikerjakan dengan memanfaatkan anggaran Rp 4 Miliar lebih. RTH tersebut dibangun diatas lahan bekas Balai Benih Utama (BBU) Provinsi Bali.

Pembangunan RTH sudah mulai dilaksanakan sejak bulan Juni 2016 lalu oleh PT. Bianglala Bali. Perusahaan tersebut berhasil memenangkan tender pengerjaan dengan penawaran mencapai Rp 4.781.429.000. Proyek pembangunan akan dikerjakan selama 180 hari kalender.

- Advertisement -

Dari pantauan di Lapangan, sejumlah pekerja dari PT Bianglala Bali tengah melakukan pengerjaan lajan parkir untuk fasilitas pendukung RTH Sukasada. Nampak alat berat berupa excavator juga dimanfaatkan untuk melakukan pengerukan dan meratakan tanah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Buleleng Nyoman Genep menjelaskan, pembangunan RTH ini merupakan sebuah upaya dari Pemkab Buleleng untuk menambah ruang hijau di Kota Singaraja. Sehingga nantinya RTH yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Buleleng.

“Selain itu, RTH juga dibangun untuk menyiapkan sarana sarana pertunjukkan seni dan budaya. Karena itu RTH yang dibangun juga akan dilengkapi stage untuk pementasan,” Jelasnya.

Kepala DKP Kabupaten Buleleng Nyoman Genep menambahkan, pembangunan RTH Sukasada dengan anggaran Rp 4 miliar lebih itu merupakan pembangunan tahap awal di tahun 2016.

- Advertisement -

Anggaran pada tahap awal itu diperuntukkan untuk pembangunan lahan parkir, bangunan pengelola, fasilitas kamar mandi, serta jogging track. Dan memang lahan parkir menyerap anggaran paling besar karena areal yang dibangun cukup luas. Menurut rencana, RTH di Kecamatan Sukasada akan dibangun dalam tiga tahap tahun anggaran.

“Untuk tahap awal ini memang belum bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Karena memang kita targetkan bisa rampung secara keseluruhan dalam tiga tahun anggaran, mengingat anggaran yang dibutuhkan sangat besar mencapai Rp 24 Miliar,” tambah Genep.

Sesuai dengan Detail Engineering Design (DED), selain fasilitas yang dibangun pada tahap awal, pembangunan RTH di kecamatan Sukasada juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, mulai dari tempat kuliner, kolam air mancur, serta stage untuk pertunjukkan seni dan budaya.|RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts