Aries Suradnyana Dianugerahi Bunda PAUD Berprestasi

Singaraja, koranbuleleng.com| Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana berhasil meraih penghargaan nasional setelah dinobatkan sebagai Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Nasional bersama 15 Bunda PAUD Provinsi dan 31 Bunda PAUD Kabupaten / Kota dari Seluruh Indonesia. Penghargaan langsung di serahkan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy di Gedung Sasana Langeng Budoyo TMII Jakarta, Kamis (29/9).

Ny. Aries Suradnyana merupakan satu-satunya Bunda PAUD dari Provinsi Bali yang menerima penghargaan ini.
Ditemui usai menerima penghargaan, Ny. Aries Suradnyana menjelaskan beberapa strategi hingga bisa meraih berbagai prestasi. Mulai dari membentuk tim Bunda PAUD hingga melibatkan instansi terkait untuk mensukseskan program PAUD di Kabupaten Buleleng. Selain itu, ia juga menjelaskan program unggulan yang ia cetuskan yakni menegerikan TK yang ada di Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

“Mungkin program-program tersebut yang menjadi tolak ukur dari Bunda PAUD tingkat Nasional untuk memberikan kita penghargaan. Dan tentunya saya tidak bekerja sendiri, ada tim PAUD yang kita bentuk dan melibatkan instansi terkait yang dipimpin Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng,” Jelasnya.

Kabupaten Buleleng sebelumnya hanya memiliki 3 TK Negeri. Setelah ia dinobatkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, kini di Buleleng sudah ada 17 TK Negeri yang tersebar di berbagai Kecamatan. Ia mengaku berani mendirikan TK negeri di Buleleng karena kewenangan SMA/SMK sudah pindah ke Provinsi, sehingga dana itu yang dimanfaatkan untuk mendirikan TK negeri di Buleleng.

“Pada tahun 2014, di Buleleng hanya ada 3 TK Negeri dan sekarang kita sudah menegrikan TK di Buleleng sebanyak 14 TK Swasta. Sehingga sekarang Buleleng memiliki 17 TK Negeri,” pungkasnya.

Tidak berhenti sampai disitu, Ny. Aries Suradnyana yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng ini merencanakan inovasi lain untuk meningkatkan kualitas PAUD di Buleleng. Ia merencanakan membangun TK Inklusi yang dipusatkan di Desa Bengkala Kecamatan Kubutambahan. TK Inklusi adalah sistem penyelegaraan pendidikan yang meberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

- Advertisement -

“Pilot project selanjutnya adalah, Kita ingin menggabungkan anak-anak yang memiliki kelainan dengan anak normal dengan membangun TK Inklusi agar mereka memiliki rasa empati sehingga mereka bisa membaur menjadi satu,” harapnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng ,  Drs. Gede Suyasa,  M. Pd yang ikut mendampingi merasa bangga atas keberhasilan meraih Bunda PAUD Berprestasi tingkat Nasional.  Menurut Suyasa,  hal ini menunjukkan bahwa Ibu Aries Suradnyana memiliki komitmen yang tinggi dalam membina,  dan menangani anak usia dini. ” Kami di dinas pendidikan akan terus bahu membahu utk mewujudkan PAUD yg berkualitas”  ucapnya.  Selain itu,  menurut mantan Kabag Humas dan Protokol ini,  Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Bunda PAUD telah membangun TK negeri sebanyak 17 terbanyak di bali. Dan kedepan akan terus ditingkatkan.  |Rilis Humas Buleleng|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts