Penggandaaan Soal Bermasalah, Sejumlah Sekolah Tunda UAS

Singaraja, koranbuleleng.com| Beberapa sekolah dasar di Kecamatan Buleleng terpantau menunda beberapa jadwal UAS (Ulangan Akhir Sekolah) karena penggandaan soal belum selesai dikerjakan oleh sejumlah percetakan. Pelaksanaan UAS Rabu, 23 Nopember 2016 dengan jadwal materi pelajaran Tematik Tiga dan Bahasa Inggris akhirnya tidak bisa dilaksanakan tepat waktu dan ditunda.

Beberapa sekolah yang terpantau membatalkan pelaksanaan UAS untuk Mata Pelajaran Tematik Tiga dan Bahasa Inggris diantaranya terjadi di SD N 3 Banjar Jawa dan SD N 1 Baktiseraga. Persoalan ini terjadi lantaran belum tuntasnya penggandaan soal untuk mata pelajaran bahasa Inggris.

- Advertisement -

Salah satu orang tua siswa, Komang Mudiarta mengaku baru mengetahui terkait dengan penundaan ujian itu, setelah anaknya mengadu ketika sudah pulang dari sekolah.

“Kalau yang KTSP katanya tidak ada masalah karena mata pelajaran di hari rabu berbeda. Anak saya dapat mata ujian Tematik Tiga dan Bahasa Inggris, itu kurikulum 2013,” ujar Mudiarta.

Ia mengaku belum tahu secara pasti soal kelanjutan ujian akhir semester di sekolah anaknya, karena informasi yang simpang siur. Ia juga merasa dirugikan dengan pembatalan secara mendadak itu, karena siswa sudah belajar untuk menghadapi ujian.

“Mau bagaimana lagi, ya harus ikut kebijakan sekolah. Saya masih menunggu informasi dari wali kelas anak saya, apakah besok jadi ujian atau tidak. Tapi anak tetap saya minta belajar saja,” Ungkapnya Kesal.

- Advertisement -

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Buleleng, Made Astika mengakui ada masalah itu. Hanya saja Astika menolak menjelaskan lebih rinci terkait masalah tersebut.

“Memang ada masalah seperti itu. Tapi UAS ini dikoordinasikan di UPP. Jadi Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) menghimpun diri, menyusun soal, kemudian digandakan,” jelasnya.

Disisi lain, belum tuntasnya penggandaan soal untuk mata pelajaran Bahasa Inggris juga berdampak pada perubahan jadwal Ulangan Akhir Sekolah di sejumlah SD di Kecamatan Buleleng yang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Seharusnya, jadwal untuk UAS di hari Kamis 24 Nopember 2016 adalah Matematika dan bahasa Inggris. Namun harus berubah lantaran belum tuntasnya enggandaan soal. Sehingga jadwal hari jumat dimajukan ke hari kamis dengan mata pelajaran Penjas dan Seni Budaya dan Keterampilan (SBK).|RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts