Semarak Ragam Lomba dan Hiburan di Puncak Peringatan HUT Kota Tabanan

Tabanan, koranbuleleng.com |  – Pesta Rakyat dan Parade Budaya Kecamatan Tabanan yang sekaligus menjadi malam puncak peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523, Senin malam (28/11), berlangsung semarak. Sejak sore hari, masyarakat membanjiri Lapangan Alit Saputra yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Antusiasme masyarakat untuk datang ke Pesta Rakyat dan Parade Budaya sebetulnya sudah mulai tampak sejak sore hari. Berbarengan dengan dimulainya berbagai kegiatan yang dijadwalkan. Seperti lomba membuat kelengkapan penjor, lomba membuat tamyang, lomba mepidarta Bali, serta lomba lomba mesatwa Bali.

- Advertisement -

Suasana tambah riuh dengan parade oleh anak-anak TK maupun PAUD Se-Kecamatan Tabanan yang berlangsung pada saat yang bersamaan. Belum lagi, deretan stand yang ada di sisi selatan lapangan juga tampak ramai. Terlebih, saat memasuki arena Pesta Rakyat dan Parade Budaya, terdapat spot untuk selfie atau berswafoto dengan latar tulisan I Love Tabanan.

Suasana semarak semakin terasa memasuki malam hari bersamaan dengan kehadiran Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama seluruh undangan. Di antara undangan tersebut, terlihat Raja Tabanan Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, dan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Ketut Suryadi.

Terlihat juga Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, mantan Wakil Bupati Tabanan I Gusti Gede Putra Wirasana, serta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Di malam hari, kegiatan puncak perayaan HUT Kota Tabanan Ke-523 dimulai dengan atraksi Barong Bangkung dan Barong Sai. Disusul kemudian atraksi fire dance serta oratorium oleh Teater Jineng SMAN 1 Tabanan dengan judul Digdaya Hayu Hayuning Tabanan. Oratorium tersebut ditampilkan secara atraktif.

- Advertisement -

Selain mengangkat sejarah berdirinya Kota Tabanan, oratorium tersebut juga diisi dengan ulasan singkat mengenai program-program unggulan Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya.

Oratorium tersebut kemudian diikuti dengan pementasan tari Bungan Sandat Serasi yang dibawakan oleh masing-masing perwakilan dari seluruh desa Se-Kecamatan Tabanan. Dan, berlanjut dengan penyerahan hadiah kepada para juara sejumlah lomba yang digelar selama peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523. Di antaranya, juara lomba MC dan Singing KORPRI GOT TALENT 2016, Jegeg Bagus Tabanan 2016, dan sejumlah lomba lainnya.

Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Eka. Dan, di saat yang sama, Bupati Eka juga mengukuhkan kader lingkungan Sabar Sampah dengan tagline Satu Banjar Satu Kader Sampah.

Rentetan acara kemudian berlanjut dengan sambutan Bupati Eka dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha. Dan, berlanjut dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Eka disaksikan Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Ketut Suryadi, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, dan mantan Wakil Bupati Tabanan I Gusti Gede Putra Wirasana.

Sesi tersebut kemudian berlanjut dengan pertunjukan Yel-yel Tabanan Serasi, pementasan musik oleh pemenang lomba parade musik dan berakhir dengan pementasan musik dari Nyanyian Dharma, Adi Merdangga dengan judul I Maria, pesta kembang api, serta yang terakhir adalah pementasan wayang kulit inovatif Cenk Blonk.

Dalam sambutannya, Bupati Eka mengaku sangat terharu dengan peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523 yang pelaksanaannya disebar ke masing-masing kecamatan dalam kemasan Pesta Rakyat dan Parade Budaya.

“Sepanjang Pesta Rakyat dan Parade Budaya, saya tidak pernah absen, pasti hadir. Ini merupakan momen yang indah. Karena saya bisa bertemu langsung dengan masyarakat. Dan, sepanjang yang saya lihat, masyarakat begitu antusias dan membludak. Artinya masyarakat haus akan hiburan,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut wajar dan menjadi salah satu kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Sehingga, ada rasa cinta dan bangga kepada Tabanan. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai dan bangga kepada daerah kita sendiri. Selamat Ulang Tahun untuk Kota Tabanan Ke-523. Semoga selalu jaya dan selalu serasi,” tandasnya. |RHT-NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts