Puting Beliung Hingga Banjir Terjang Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Hujan yang deras dan angin kencang memproakporandakan sejulah rumah milik warga di Dusun Dangin margi, Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng, Selasa 17 Januari 2017. Bukan hanya itu, kantor dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng juga alami kerusakan di beberapa bagian bangunan.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Made Subur mengatakan, musibah angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kota Singaraja itu memang mengakibatkan kerusakan yang parah. Karena ada banyak rumah yang rusak akibat terkena angin. Setelah kejadian dan angin sudah cukup reda, staf BPBD Buleleng langsung terjun kelapangan dan melakukan penelusuran atas kerusakan yang terjadi di wilayah Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

“Personil kami masih di lapangan, tapi rata-rata sudah tertangani. Kerusakan paling parah itu ada di Pemaron, karena kerusakan rumahnya cukup parah. Sementara ini karena cuacanya masih ekstrem, kami sarankan mengungsi. Khawatirnya kan kalau hujan, malah tambah parah masalahnya,” Jelasnya.

Selain di Desa Pemaron, terjangan angin puting beliung juga terjadi di Desa Sambangan dan di Lingkungan Sangket Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasada. Di Sambangan, angina puting beliung merusak satu rumah warga yakni miliki Gede Tirta. Kerusakan yang dideritanya cukup parah, karena angin merusak atap rumahnya. Bahkan tembok penyengker miliknya roboh karena tertimpa pohon yang tumbang. Sementara di lingkungan Sangket, kerusakan akibat terjangan angin puting beliung merusak rumah milik Ketut Ganti.

Banjir di wilayah Desa Baktiseraga |Foto : nova Putra|

Bukan hanya angin puting beliung, sejumlah ruas jalan di wilayah Desa Baktiseraga hingga Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng juga tergenang oleh banjir. Hujan yang cukup deras membuat sejumlah jalur sungai meluap ke jalan raya. Praktis, jalan raya menjadi macet oleh kepungan banjir ini.

Data Korban Puting Beliung di Desa Pemaron

  1. Dewa Pt Ariawan, laki-laki, 40 tahun, hindu, almat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan : 1 (satu) unit rumah tua, sanggah kemulan, piasan, petengen. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 50 juta.
- Advertisement -

 

  1. Dewa Made Kembar, alamat Dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan atap rumah ambruk dan bale sekepat hancur. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 100 juta.

 

  1. Dewa Ketut Karuna, alamat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan atap genteng rumah dan atap kanopi rusak. Kerugian diperkirakan sebesar Rp. 7 juta.

 

  1. Dewa Ketut Arina, alamat dusun Dangin Margi Desa P0emaron. Kerusakan genteng, 2 (dua) plapon kamar jebol, parabola rusak. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 15 juta.

 

  1. Desak Parmi, alamat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan atap rumah dan atap kamar mandi jebol. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 7 juta.

 

  1. Ketut Purna, alamat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerugian atap kamar dan ruang tamu jebol, parabola ambruk. Kerugian diperkirakan sebesar Rp. 10 juta.

 

  1. Dewa Nyoman Semadi, alamat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan 2 (dua) atap kamar tidur dan genteng ambruk, parabola ambruk. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 5 juta.

 

  1. Nyoman Gede, alamat dusun Dangin Margi Desa Pemaron. Kerusakan atap genteng bale bengong ambruk. Diperkirakan kerugian sebesar Rp. 2 juta. Sumber : BPBD Kabupaten Buleleng

|RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts