Disnaker Tunggu Langkah BP3TKI

Singaraja, koranbuleleng.com| Keluarga Gede Sukrantara di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan sangat mengharpakan peran Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk ikut mencariinformasi yang lebih terang terkait dengan kondisi Sukrantara di Amerika Serikat.

Wayan Sunarsa selaku juru bicara pihak keluarga Gede Sukrantara TKI asal Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng mengharapkan uluran tangan dari pihak pemerintah Kabupaten Buleleng karena selama ini, kabar yang mereka terima sangat minim dan terkesan simpang siur.

- Advertisement -

Sunarsa pun telah berusaha menghubungi beberapa travel agen agar mendapatkan kabar terbaru tentang keadaan Gede Sukrantara. Dirinya juga telah meminta bantuan dengan menghubungi Dinas Tenaga Kerja Buleleng agar pihak keluarga bisa merasa tenang. Sebab sampai saat ini pihak keluarga mendengar kabar tak sedap hingga pihak keluarga mengalami tekanan batin atas kesimpang siuran kabar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buleleng pun telah melakukan langkah dan upaya awal berkordinasi dengan Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar.

Namun hingga saat ini pihak Disnaker masih menunggu informasi resmi soal penahanan Gede Sukrantara TKI asal Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng di kantor Broward County Otoritas Sheriff (Florida) Amerika Serikat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan Disnaker belum belum mendapatkan informasi resmi dari pihak-pihak terkait soal nasib Gede Sukrantara.

- Advertisement -

Namun pihaknya telah meminta konfirmasi dari Badan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar. Hanya saja BP3TKI Denpasar juga meminta agar Disnaker Buleleng menunggu informasi secara resmi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, yang mewilayahi negara bagian Florida.

“Kami masih menunggu kabar dari BP3TKI Denpasar. Informasi yang kami terima baru sebatas memang benar Gede Sukrantara itu penduduk Buleleng dan memang benar Dia terlibat masalah kriminal di Amerika Serikat. Untuk kejelasan lebih detail, mohon maaf kami belum dapat informasi langsung dari yang berwenang,” ucapnya kepada koranbuleleng.com,  Senin, 23 Januari 2017.

Dwi priyanti pun mengaku belum bisa memastikan apakah Gede Sukrantara ditahan oleh pihak berwajib, atau sebatas diamankan saja. Tuduhan yang disampaikan kepada Gede Sukrantara pun belum diketahui secara pasti.

Satu-satunya yang bisa dilakukan oleh Disnaker Buleleng, adalah menunggu informasi resmi dari BP3TKI Denpasar. Apalagi dari sisi kewenangan, BP3TKI dapat melakukan koordinasi langsung dengan konsulat jenderal atau kedutaan besar di luar negeri. Selain itu BP3TKI juga dapat melakukan koordinasi langsung dengan Kementerian Tenaga Kerja.

“Biasanya langsung ada pendampingan dari pihak kedutaan atau konsulat jika ada Warga Negara Indonesia yang tersandung masalah di luar negeri,” terangnya.

Dwi Priyanti sendiri berharap BP3TKI Denpasar dapat memberikan pendampingan kepada Gede Sukrantara, seandainya benar ia tengah tersangkut masalah hukum dengan pihak berwajib di negara Amerika Serikat. |NH|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts