Partisipasi Pemilih Tinggi Di TPS Bencana

Singaraja, koranbuleleng.com|Partisipasi kehadiran pemilih dalam Pilkada Buleleng di TPS 2 yang sempat dihantam bencana di Dusun Dajan Pangkung, Desa Galungan, Kecamatan Sawan, cukup tinggi kendati di beberapa tempat nampak jelas terlihat akses jalan di wilayah itu masih ditutupi material longsor.

Berdasarkan data dihimpun koranbuleleng.com, dari DPT yang terpampang di papan, TPS 2 yang berlokasi di balai Dusun Dajan Pangkung memiliki pemilih sebanyak 572 orang. Namun, dari data penutupan pencoblosan tercatat 382 jumlah pemilih hadir dalam pencoblosan pilkada serentak Kabupaten Buleleng yang digelar Rabu, 15 Februari 2017.

- Advertisement -

Cukup tingginya partisipasi pemilih, utamanya dipengaruhi adanya jembatan darurat penghubung akses desa yang berhasil dirampungkan. Jembatan darurat sepanjang 18 meter dengan lebar 1,5 meter memiliki peran yang sangat vital bagi warga setempat.

Sebelumnya, separuh lebih dari jumlah DPT di TPS 2 ini terancam kehilangan hak pilihnya karena terisolir akibat jembatan menunju TPS terputus diterjang air bah pada, Jumat, 10 Februari pekan lalu.

Ketika pencoblosan telah dinyatakan dibuka, mereka pun secara silih berganti berdatangan dengan memakai sepeda motor untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketua KPPS TPS 2, Kadek Arta menyebutkan secara umum tingkat kehadiran pemilih dalam kondisi bencana cukup bagus. Kendati demikian, ia tidak memungkiri masih ada warga yang tidak hadir menyalurkan hak pilihnya.

- Advertisement -

“Partisipasi kehadiran sudah bagus, apalagi kondisi bencana seperti ini. Kalau masih ada yang tidak datang itu mungkin karena tidak pulang dari tempat merantau. Jika warga di lingkungan Merangsing dengan jumlah pemilih 25 KK, begitu juga lingkungan Juwet 35 KK , ditambah Meniga 25 KK serta lingkungan  Benta sebanyak 50 KK bisa hadir, maka partisipasi  kehadiran jelas semakin baik,” ungkapnya.

Warga yang tidak hadir itu disebutkan, lebih banyak merantau ke luar daerah. Disamping itu, beberapa warga yang bermukim di daerah atas itu tidak hadir dikarenakan ruas jalan setapak yang tadinya bisa dilewati sepeda motor, masih tertutup material batu dan pepohonan akibat bencana longsor.

Hasil perhitungan di TPS, perolehan suara antar dua kandidat itu tergolong cukup ketat. Dari hasil pemungutan suara di TPS 2 itu sendiri paslon nomer urut 1, yakni PASS memperoleh dukungan 261 orang sedangkan untuk paslon SURYA hanya mengantongi dukungan 115 orang. Sehingga, PASS praktis mengungguli rivalnya.|NH|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts