Rute Bus Sekolah Telah Dirancang

Singaraja, koranbuleleng.com | Bus angkutan perkotaan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng,  hadiah dari Kementerian Perhubungan atas penganugerahan Wahana Tata Nugraha segera beroperasi di Kota Singaraja. Bus angkutan ini akan dipergunakan sebagai bus sekolah untuk antar jemput siswa.

Rutenya masih terbatas, namun ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas serta pelayanan pendidikan bagi anak-anak sekolah di Singaraja. Rute perjalanan dua bus ini pun sudah disusun bersama dengan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan AP menjelaskan rute ini sudah dirancang dengan FLLAJ bersama Satlantas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terutama Dinas Pendidikan (Disdik).

Koordinasi juga sudah dilakukan dalam rapat bersama dengan perwakilan para sopir angkutan yang ada di Kota Singaraja. Para perwakilan ini setuju untuk operasional bus sekolah ini. Targetnya, awal bulan Maret operasional bus ini akan dimulai.

“Rute telah kami rancang bersama FLLAJ beserta Satlantas Polres Buleleng dan Disdik. Kami targetkan awal bulan Maret sudah beroperasi,” jelasnya.

Gunawan mengungkapkan, bus sekolah ini tidak menimbulkan masalah bagi para sopir terutama sopir angkutan. Karena, trayek bus sekolah ini mencoba meminimalisir kepadatan lalu lintas perkotaan.

- Advertisement -

Menurutnya, wilayah perkotaan Singaraja pada waktu tertentu mengalami kepadatan lalu lintas. Untuk mengatasi itu, bus sekolah ini dimaksimalkan.

Terdapat dua bus yangmasing-masingt berkapasitas 30 tempat duduk. Untuk setiap bus, ditugaskan dua orang tenaga lalu lintas Dishub Buleleng sebagai pengawal siswa-siswa yang menggunakan bus tersebut dari dan ke sekolah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gangguang-gangguan yang mungkin terjadi saat perjalanan.

“Kami akan tugaskan dua tenaga lalu lintas dari Dishub untuk mengawal masing-masing bus yang akan berangkat,” ujar pejabat yang pernah duduk sebagai Kabag Humas dan Protokol Setda Buleleng ini.

Untuk Bus pertama akan berangkat dari Terminal Sangket. Setelah itu, bus akan melewati rute Jalan Jelantik Gelangsir, Jalan Mayor Metra, Jalan Veteran, Jalan Ngurah Rai, Jalan Letkol Wisnu, Jalan Gajah Mada, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Diponegoro, Jalan Erlangga, Jalan WR Supratman dan berakhir di Terminal Penarukan. Sedangkan Bus kedua akan melewati jalur sebaliknya.

Kedua bus ini akan melayani jalur tersebut pulang pergi. Jalur ini dipilih karena untuk memberikan motivasi untuk mencegah kekroditan yang ada di Kota Singaraja.

“Nantinya untuk daerah pinggiran dan rute ini dinilai bagus, kita akan usahakan pengadaan bus tambahan. Kita juga akan mereview ulang rute-rute dimana masyarakat pengguna bisa diakomodir dengan lebih baik,” tutup Gunawan. |NP-r|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts