Dana PMI Terkumpul Rp.200 Juta Lebih

Singaraja, koranbuleleng.com| Bulan dana PMI tahun 2016 di Kabupaten Buleleng mampu menggalang dana hingga Rp. 207.826.425. Dana ini akan dipergunakan oleh PMI Kabupaten Buleleng untuk mengemban tugas-tugas kemanusaiaan.

Tugas yang diemban PMI mencakup kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pelayanan transfusi darah.

- Advertisement -

Palang Merah Indonesia sebagai organisasi kemanusiaan, dituntut optimal dalam kemampuannya menyediakan pelayanan yang efektif, tidak pilih kasih dan tepat waktu, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit, dan sumber dana itu berasal dari bulan dana PMI. Bulan dana PMI merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan operasional organisasi. Oleh karena itu, dibutuhkan kepedulian dan partisipasi dari semua komponen masyarakat.

“Jika kegiatan kemanusiaan ini tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak maka sangat dimungkinkan tidak akan berhasil guna dan berdaya guna bagi masyarakat. Mengingat kegiatan ini memang berangkat dari masyarakat dan nantinya akan dioperasionalkan untuk masyarakat.” terang Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp. OG saat acara serah terima hasil bulan dana PMI Kabupaten Buleleng, di Ruang Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Jumat (3/3).

Sutjidra mengatakan penggunaan dana harus dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.  Artinya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan sekaligus dapat meringankan beban kemanusiaan yang dialami masyarakat.

- Advertisement -

“Dana yang sudah terkumpul ini akan digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti korban bencana alam, masyarakat yang hidupnya kurang berkecukupan, dan masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.” papar Sutjidra.

”Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2016 atas kinerja yang telah ditunjukkan sehingga kegiatan dapat mencapai target. Diharapkan kedepannya PMI dapat lebih meningkatkan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.Seluruh jajaran PMI harus selalu jeli, peka dan peduli terhadap berbagai keadaan sosial yang ada di masyarakat,” kata Wabup.

Lebih lanjut, Pihaknya mengungkapkan bulan dana PMI tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan terutama di sektor sekolah.

“Jumlah dana PMI yang terkumpul tahun ini meningkat kurang  lebih 40% dari tahun-tahun sebelumnya dan itu banyak di peroleh dari anak – anak didik yang ada di Buleleng,” ungkap sutjidra

Wabup meminta supaya agar kalangan pegawai negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkup pemerintah Buleleng juga memberi kontribusi dengan baik. ” PNS Di Buleleng kontribusinya masih sangat minim dengan anak-anak didik yang ada di Buleleng, untuk itu kedepan akan diadakan sosialisasi terlebih dahulu,”imbuhnya

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Dana PMI Buleleng yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengatakan untuk masalah penggalangan bulan dana PMI, pihaknya sudah beberapa kali membahasnya di tingkat unit Pelaksana Pendidikan (UPP) dan juga di tingkat sekolah.” sebelum kami melaksanakan penggalangan dana kami selaku panitiaterlebih dahulu membahasnya mulai dari tingkat UPP sampai tingkat Sekolah dasar (SD),” tutur Gede Suyasa.|NP-r|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts