Kini Pemerintah Wajibkan Anak Jalani PAUD Satu Tahun Pra SD

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten Buleleng siap mendukung PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar yang digagas Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahkan, program itu akan mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2017-2018. Dukungan ini ditegaskan Pemkab Buleleng dalam Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar di Gedung Wanita Laksmi Graha, Selasa 7 Maret 2017.

Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG, menyatakan program tersebut dinilai strategis untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter. Mengingat, Pemerintah memiliki komitmen untuk mewujudkan generasi emas pada 2045.

- Advertisement -

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bagian terpenting untuk pembangunan karakter siswa. Apalagi, dalam usia dini, khususnya pada usia enam tahun ke bawah, merupakan usia emas pada anak anak.

Targetnya, lanjut Sutjidra, Pemkab Buleleng akan mewajibkan Pendidikan Usia Dini selama satu tahun sebelum anak memasuki tingkatan sekolah dasar (SD).

“Usia 6 tahun kebawah merupakan usia emas pada anak. Diusia itu saat yang tepat untuk membentuk karakter pada anak kita. Kalau disini pendidikannya sudah baik, nanti SMP, SMA pasti akan baik. Kita akan lakukan program itu pada tahun ajaran baru ini. Kalaupun tidak, kami targetkan 2018. Itu akan bertahap,” Terangnya.

Sementara itu, terkait dengan keberadaan PAUD di Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) kabupaten Buleleng Gede Suyasa mengatakan, bahwa hampir diseluruh Desa di Buleleng memiliki PAUD. Hanya seja, sebagian besar berstatus swasta atau berada di bawah sebuah yayasan.

- Advertisement -

Suyasa mengatakan, saat ini, PAUD di Kabupaten Buleleng yang berstatus Negeri baru berjumlah 17 PAUD. Kedepan, akan ada sejumlah PAUD yang akan diproses untuk berubah status menjadi PAUD Negeri.

“Sebenarnya sudah ada 10 PAUD yang ingin berubah status menjadi negeri. Namun setelah Tim kami melakukan visitasi lagsung ke Lapangan, yang memenuhi syarat hanya 7 PAUD. Namun kita targetkan, kedepan setiap Desa akan memiliki PAUD Negeri, Ujar Suyasa.

Sementara itu, dalam Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar tersebut, dihadiri langsung Direktur Pembinaan PAUD R. Ella Yulaelawati. Dalam kegiatan itu, juga dilakukan juga penandatanganan komitmen Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD oleh Camat Sekabupaten Buleleng.

Direktur Pembinaan PAUD R. Ella Yulaelawati mengatakan, menurut penelitian pertumbuhan fisik dan otak anak yang baik ada pada usia 0 sampai 5 tahun. Ia pun memberikan presiasi atas peran Pemkab Buleleng karena bisa meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD.

“Bagaimana peran dan komitmen Pemkab yang tinggi, sehingga APK Buleleng tinggal sedikit lagi menyamai APK Nasional dan ini sangat bagus. Karena itu saya mau datang kesini,”ujarnya. |RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts