Nikmatnya Serapah Kenus Hidangan Penggak Kau Bulu

Serapah kenus

Singaraja, koranbuleleng.com|Pernah mencicipi Serapah Kenus?  Nah, hidangan tergolong anyar ini bisa anda nikmati di Kedai Penggak Kau Bulu.

Kedai yang satu ini bisa menjadi tempat alternatif untuk nongkrong atau menjelajahi wisata kuliner di Kota Singaraja. Konsep kedai ini pub terkesan unik dan menarik, sang pemilik kedai, Gusti Putu Dewi Kurniawati rupanya terbilang cukup atraktif, sudut jok belakang mobil Volkswagen Safari berwarna cream disulap layaknya dapur saji.

Nah, tidak hanya tempatnya yang terkesan unik, referensi menu yang disuguhkan di sini pastinya juga jarang bisa anda temukan di Kota Singaraja.

Merujuk pada menu, kedai yang berlokasi di Jalan Pulau Komodo 23, Singaraja menawarkan beragam hidangan tradisional khas Bali, dan pastinya menggugah selera.

Serapah Kenus, salah satu menu andalan yang mungkin sangat jarang terdengar di telinga. Namun, saat ini anda bisa datang langsung menikmati Serapah Kenus di kedai Penggak Kau Bulu yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 wita dan tutup pada pukul 21.00 wita.

Menurut Dewi sang pemilik kedai, menu Serapah Kenus diracik berbahan dasar ikan cumi-cumi yang biasa disebut kenus, dan dimasak secara terpisah dengan bumbu serapah yang berbahan dasar khas bumbu bali.

Bumbu-bumbu yang digunakan menggunakan  rempah-rempah nusantara seperti bawang merah dan putih, cabe, kunyit, jahe, garam serta rempah lainnya.

Selanjutnya, bahan bumbu serapah itu dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah dirasa halus, bumbu itu kemudian dicampur dengan santan yang kental. Bumbu bersama santan kental tersebut kemudian dimasak hingga matang.

Penyajiannya sangat khas, kenus lalu disandingkan dengan bumbu serapah dalam sebuah tempat yang berasal dari batok kelapa disebut juga kau bulu.

“Rasanya akan nikmat banget ketika disantap selagi hangat bersama ketupat,” kata Dewi, pemilik Penggak Kau Bulu,  Sabtu 6 Mei 2017.

Bagi para pengunjung yang gemar akan rasa pedas, anda pun tak usah khawatir lantaran para pungunjung bisa menambahkan sambal yang lebih pedas.

Masih kata Dewi, selain Serapah Kenus, Kedai miliknya juga menyajikan beragam hidangan tradisional lainnya denga harga cukup terjangkau, seperti Serapah Babi, Serapah Vegetarian, Rawon Kenus. Bahkan ada pula aneka minuman seperti Es Durian Karamel, Es Durian Cendol, Es Cendol berbahan dasar tanaman Kayu Sugih dan juga Rujak Gedebong.

Seorang pengunjung, Putu Mardika mengaku baru pertama kali menjajal rasa Serapah Kenus di Singaraja. Mardika,  pun mengaku sangat terkesan setelah menikmati hidangan di Penggak Kau Bulu.

“Ternyata rasanya lezat, dan harganya tergolong murah. Info dari teman saja, katanya ada menu Serapah Kenus di Singaraja. Biasanya kan serapah dari daging sapi, atau serapah babi, kalau serapah kenus ini tergolong menu baru,” ujar Mardika.

Rujak Gedebong

Rujak gedebong terdengar masih asing, namun rujak gedebong yang berbahan dasar batang pisang ini cukup diminati oleh para pecinta kuliner. Batang pisang yang digunakan jenis pisang klutuk.

Proses pembuatannya pun layaknya bumbu rujak yang diolah pada umumnya, rujak gedebong juga diracik dengan garam, terasi, cabe. Hanya saja, rujak gedebong di Kedai Penggak Kau Bulu diracik berbeda, rujak satu ini rupanya dicampur dengan beraneka buah segar. Hingga, wajar saja jika menu satu ini bikin anda ngiler dan ketagihan.

Selain itu, rujak gedebong ini pun digadang-gadang memiliki banyak manfaat terutama untuk proses detoksifikasi dan serta untuk memulihkan kesegaran tubuh apabila sebelumnya alami sakit.

“Rujak  gedebong ini memang cukup baru. Kaya manfaat, sebab batang pisang mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat. Paling utama, kami menyajikan varian menu disini dijamin tidak menggunakan MSG,” ungkap Dewi. |NH|

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here