Satu Unit Bus Tidak Laik Jalan, Sopir Teken Pernyataan

Kadis Perhubungan Buleleng Gede Gunawan AP memeriksa kelaikan bus |Foto : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng temukan satu unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tidak laik jalan dalam uji kelaikan jalan serangkaian Operasi Ramadhinya 2017, diterminal, Banyuasri, Singaraja, Rabu, 21 Juni 2017. Bus yang dinyatakan tidak laik jalan karena kondisi kaca depan Bus alami keretakan.

Dishub melakukan uji kelaikan jalan terhadap dua bus yang akan melayani jurusan Singaraja-Surabaya.

Namun demkian, Dinas Perhubungan Buleleng dan Satlantas Polres Buleleng tetap mengizinkan bus tersebut mengangkut penumpang dengan berbagai catatan serta sopir harus menandatangani surat pernyataan.

Supir Bus harus menandatangani surat pernyataan bahwa Bus tidak akan melaju dengan kecepatan tidak melebihi 80 km perjam.

“Selain pernyataan itu, kita juga minta salah seorang penumpang untuk duduk disamping supir. Penumpang itu yang nantinya menegur atau memperingati supir bus jika dalam perjalanan kecematannya melebihi 80 km perjam,” jelas Kadis Perhubungan Buleleng Gede Gunawan A.P.

Pertimbangan lain mengijinkan bus tersebut tetap mengangkut penumpang Kata Gunawan dengan melihat arus mudik yang memang cukup padat. Sehingga kecil kemungkinan bus tersebut dijalankan dengan kecepatan melebihi kesepakatan yang telah dilakukan.

“Kalau melihat dari arus mudik memang cukup padat. Dan kondisi jalan raya juga dipastikan akan sedikit tersendat karena banyaknya kendaraan. Jadi kecil kemungkinan bus itu akan melaju melebihi 80 km perjam,” terangnya.

Pengecekan terhadap dokumen, kesehatan awak bus hingga kelaikan jalan angkutan AKAP akan terus dilakukan hingga H-4 hari raya Idul Fitri. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan dan supir dalam keadaan baik, sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin. |Penulis : Rika Mahardika|

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here