Tim Visitasi UNS Pastikan Penyempurnaan Rencana Pendirian Fakultas Kedokteran

Singaraja, koranbuleleng.com | Tim visitasi dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta lakukan kunjungan visitasi ke Universitas Pendidikan ganesha (Undiksha) Singaraja terkait dengan rencana pendirian Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) di kampus ini, Rabu 13 September 2017.

UNS adalah mitra pendamping Undhiksa dalam upaya pendirian PSPD. Sebelumnya UNS dan tim PSPD Undiksha beberapa kali telah menggelar worksop untuk menyempurnakan proposal yang diajukan ke Kemenristek Dikti

Ketua tim visitasi UNS dipimpin Ety Poncorini Pamungkas Sari mengungkapkan beberapa materi yang akan menjadi obyek visitasi diantaranya laboratorium Terpadu PSPD, Laboratorium Anatomi, Visitasi ke RSUD Buleleng, Review boring prodi FK Undiksha, pengembangan modul serta materi lainnya.

Setelah melakukan visitasi, Tim UNS akan memberikan beberapa catatan yang harus disempurnakan. Catatan itu terkait dengan pendirian PSPD yang harus mengacu pada kebijakan sesuai dengan undang-undnag pendidikan, standar nasional kurikulum pendidikan kedokteran dan beberapa aturan lainnya.

“Setelah melakukan visitasi kita akan menyampaikan rekomendasi kepada tim PSPD kira-kira apa saja yang bisa dioptimalkan sehingga lebih baik lagi,”ternagnya

Sementara itu rektor Undiksha Nyoman Jampel mengatakan setelah melalui tahapan visitasi internal oleh UNS, maka pihaknya akan kembali menyempurnakan temuan kekurangan sesuai proposal yang diajukan.

“Anggaplah kita bisa upload hari ini dan besok sudah ada di Kemenristek Dikti maka kita sudah siap untuk divisitasi oleh kemenristek,” terangnya.

Pihaknya telah meminta kepada Tim PSPD untuk memenuhi kekurangan yang harus dipenuhi. Apalagi Pemkab telah menyatakan dukungan penuh terhadap proses pendirian PSPD Undiksha.

Sementara Wakil Bupati Nyoman Sutjidra mengatakan upaya mewujudkan PSPD menjadi salah satu impian bagi masyarakat Buleleng.

“Kali ini kita harus goal. Tidak ada lagi istilah gagal sebab rintisan kita sudah sampai ke tingkat pusat,” ungkap Sutjidra.|NP|

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here