Luhur Apngal Kusuma Raih 3 Emas Dalam Kejuaraan Catur ASEAN

Singaraja, koranbuleleng.com | Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa SMPN 2 Singaraja, Putu Luhur Apngal Kusuma. Dia berhasil menyabet tiga emas dalam kejuaraan catur 18th ASEAN AGE GROUP Chees Championship yang berlangsung di Malaysia, 26 Nopember – 4 Desember 2017.

Luhur berhasil mengibarkan bendera merah putih setelah mengalahkan sejumlah peserta dari 10 negara yang berlaga didalam kejuaraan ini.

Luhur dipanggil oleh Percasi Indonesia mewakili Indonesia dalam kejuaraan ini karena dia adalah atlet nasional yang berhasil mendulang juara dalam kejurnas Catur di Kota Bogor, Jawa Barat pada bulan Juli 2017.

Luhur mengaku dalam kejuaraan di Malaysia kemarin, ada pesaing yang cukup berat yakni berasal dari Filipina bernama Dalus Cristian Mark. Namun, Pecatur asal Filipina itu berhasil dihempaskanya dan hanya meraih medali perak.

Luhur bermain di tiga kategori yakni kategori standar, kilat dan cepat.  “Dari tiga kategori itu, tiga emas berhasil saya raih,” ungkap Luhur usai

Sebelum berangkat ke Malaysia, Luhur mengaku sudah mempersiapkan diri dengan matang. Pengalaman tanding sebelumnya banyak dijadikannya pelajaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga Buleleng Gede Suyasa mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Luhur sukses mendulang tiga emas dalam tiga kategori yang berbeda.

Bagi pemerintah, prestasi Luhur bisa mengharumkan Buleleng di tingkat nasional dan internasional.

Pemerintah akan memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi termasuk kepada luhur Apngal Kusuma.

“Kita berharap prestasi Luhur ini bisa memberi vibrasi bagi pelajar lain supaya bisa meraih prestasi lagi di masa akan datang,” kata Gede Suyasa.

Suyasa juga mengatakan pemerintah berupaya mendorong prestasi para pelajar Buleleng melalui berbagai even. Even-even ini digelar sesuai dengan bidangnya.

Karena itu, pembinaan sangat dibutuhkan dan dilakkan oleh orang berkompeten. “Dan dari even ini kita bisa siapkan pelajar yang siap bertanding sehingga pelajar kita bisa menorehkan prestasi lebih banyak lagi,” kata Suyasa.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 2 Singaraja, Nyoman Purnayasa mengatakan pihaknya terus mendorong Luhur dan siswa lainnya untuk terus memacu prestasi.

Sekolah memberikan kelonggaran bagi para siswa seperti Luhur melakukan berbagai proses latih dan tanding.

“Karena Dia ini kan mewakili Buleleng, Bali dan Indonesia menghadapi kompetisi sehingga harus diberikan peluang untuk menghadapi setiap kompetisi ini,” ujarnya. |NP|

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here