Kasad : Babinsa Itu Pahlawanku!

Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal Mulyono bersama prajurit di Markas danyonif Raider 900 Kodam IX/Udayana|Foto : Putu Nova A.Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com| Kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono ke Markas Yonif Raider 900 Kodam IX Udayana di Singaraja, disambut gegap-gempita oleh ribuan pasukan elitnya.

Kunjungan Mulyono ke markas Raider 900 juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-57. Prajuritnya langsung merayakan ultah sang komandan.

Namun uniknya, saat potong tumpeng yang dilakukan oleh Mulyono, potongan tumpeng itu justru diberikan kepada anak buahnya, pengendali teritorial BALI NTB, NTT yakni Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Komaruddin yang akan memasuki masa pensiun.

Kata Mulyono, potongan tumpeng itu juga hadiah untuk Komarudin yang sebelumnya juga berulang tahun.

Biasanya, yang ultah selalu mendapatkan hadiah ulang tahun, namun di hari ulang tahunnya, Mulyono justru memberikan hadiah kepada beberapa prajuritnya.

Cara memberikan hadiahpun tergolong unik dan diklaimnya sebagai rasa berkeadilan.  Mulyono memberikan undian. Di kertas undian itu, ada yang berisi tulisan dan ada yang tidak berisi tulisan.

Ternyata prajurit yang mendapatkan kertas undian berisi tulisan itulah yang beruntung. Karena diantara kertas undian itu, ada yang tertulis angka nominal minial Rp5 juta dan tulisan sepeda motor.

Mereka yang mendapatkan kertas undian berisi tulisan 5 juta, maka uang senilai itu hadiahnya. Begitupula prajurit yang mendapat kertas undian berisi tulisan sepeda motor, maka itulah hadiahnya.  Mulyono langsung memberikannya hadih uang tunai kepada prajuritnya, termasuk mereka yang mendapatkan hadiah sepeda motor terbaru.

Mulyono memberikan hadiah itu kepada prajuritnya sebenarnya sebagai rasa terima kasihnya kepada para prajuritnya yang selama ini telah bekerja untuk NKRI.

Mulyono menyatakan dengan tegas tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI sangat tinggi. Masyarakat Indonesia masih menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap institusi angkatan darat.

Tingkat kepercayaan yang tinggi itu, dikarenakan buah kerja dan keringat dari prajurit terutama pula para babinsa yang bertugas di desa-desa.

“Babinsa itu pahlawanku,” kata Mulyono dalam pidato kunjungan kerjanya.

Selama ini, Babinsa menjadi ujung tombak kemanunggalan TNI dengan rakyat. Di setiap desa, Babinsa ditugaskan untuk bersatu dengan rakyat.

“Saya merasa bangga, sejumlah kementerian mau bekerjasama dengan TNI AD karena tingkat kepercayaan masyarakat yang begitu tinggi dengan institusi TNI AD, itu semua karena kerja keras dari Babinsa,” kata Mulyono.

Atas peran aktif dari Babinsa yang mampu menaikkan elektabilitas institusi TNI, TNI AD akhirnya memprogramkan untukmenyekolahkan 3000 anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa dengan pangkat kopral satu dan berumur 40 tahun agar bisa naik pangkat sersan.

Itu hadiah dari Kasad Mulyono karena menganggap Babinsa adalah pahlawan TNI angkatan darat yang telah menaikkan pamor dan kepercayaan masyarakat kepada TNI.

Netralitas di Pilkada Serentak

Netralitas TNI di Pilkada serentak tahun 2018 ini diuji. Sejumlah perwira TNI AD menyatakan diri maju sebagai calon kepala daerah di sejumlah wilayah di Indonesia.  banyak kekhawatiran, ini mengancam posisi TNI yang harus netral dalam panggung politik dan hanya bertugas menjadi pelapis pengaman bagi pihak kepolisian.

Namun, Kasad Jenderal TNI Mulyono menepis kekhawatiran itu karena semua sudah ada regulasi yang mengaturnya.

“Semua sudah ada yang mengatur, ada aturan jika anggotaTNI yang mencalonkan. Itu hak mereka, maka mereka harus mengundurkan diri. Tidak ada cerita bekas atasan, kalau sudah pensiun dini, silahkan,” ujar Mulyono.

Dia meyakinkan agar masyarakat percaya dengan netralitas TNI dalam pengamanan NKRI.

Begitupula kepada Babinsa diminta agar tetap menjaga netralitas dalam pilkada serentak ini. Mulyono akan menyiapkan seluruh satuannya dan tinggal nanti memetakan posisinya.

“Dalam pengamanan nanti (pilkada,red) TNI dibawah BKO aparat kepolisian, tinggal penempatan saja sesuai kebutuhan,” terangnya. |NP|

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here