Urusan Hutang Piutang Berakhir Dengan Bakar Diri

Polisi melakukan penyelidikan di lokasi kejadian penusukan dan bakar diri di gang Ratnadi III Banjar Petak Kelurahan Astina, Singaraja |Foto : Rika Mahardika|

Singaraja, koranbuleleng.com| Aksi bakar diri terjadi di gang Ratnadi III Banjar Petak Kelurahan Astina Selasa, 13 Pebruari 2018. Alamsyah warga setempat nekat membakar dirinya setelah melakukan aksi penusukan terhadap Putu Agus Suara Saputra warga Lingkungan Delod Peken Kelurahan Kendran Kecamatan Buleleng.

Peristiwa itu bermula saat korban Putu Agus Suara Saputra datang ke rumah Alamsyah dengan sepeda motor miliknya. Diduga, Kedatangan korban Agus atas permintaan Alamsyah untuk menyelesaikan permasalahan hutang piutang. Sesampainya di lokasi kejadian, tanpa ada pembicaraan tiba-tiba Alamsyah langsung menusuk korban Agus dengan sebuah senjata tajam jenis pengutik hingga mengenai dadanya.

Korban penusukan dirawat di RSUD Buleleng |Foto : Rika Mahardika|

Korban pun berusaha menyelamatkan diri dengan berlari hingga akhirnya diselamatkan dan dilarikan oleh warga setempat ke RSUD Kabpaten Buleleng. Sementara itu Alamsyah setelah melakukan penusukan langsung masuk ke ruang tengah dan menyiram dirinya dengan bensin dan membakar dirinya sendiri. Kontan saja aksi yang dilakukannya membuat takut Nur Hayati Ibunya yang panik dan meminta pertolongan tetangga.

Tetangga yang melihat api itu berusaha untuk memadamkannya. Kemudian Alamsyah pun dilarikan ke RSUD Buleleng. Namun sayang, dalam perjalanan menuju IGD RSUD Buleleng Alamsyah dinyatakan telah meninggal dunia.

“Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 wita. Tetangga tidak ada yang mengetahui persis kejadian itu, apakah sempat terjadi perkelahian atau tidak. Tapi katanya itu terjadi karena ada masalah hutang piutang. Warga hanya membantu menyelamatkan Alamsyah dengan memadamkan api yang membakar tubuhnya,” Jelas Kaling Peguyangan Made Wirayuda Oka.

Polisi yang mendapatkan laporan kejadian itu langsung mendatangi lokasi. Beberapa petugas terlihat mengamankan beberapa barang bukti salah satunya adalah sebuah pisau pengutih yang diduga digunakan pelaku Alamsyah untuk menusuk korban Agus. Pasalnya, pada pisau itu masih berlumuran darah. Unit Identifikasi dari Polres Buleleng juga langsung melakukan olah lokasi kejadian, sementara bagian rumah pelaku Alamsyah telah dipasangi garis polisi.

Didampingi Kapolsek Kota Singaraja Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma, Wakapolres Buleleng Kompol Rony Riantoko mengatakan, hingga kini Polisi masih melakukan pendalaman terkait dengan peristiwa itu. Dari keterangan sementara yang diperoleh, memang benar korban Agus datang ke rumah Pelaku Alamsyah, dan sempat terjadi pembicaraan hingga kemudian pelaku menusuk korban, dan pelaku membakar dirinya.

Saat ini, sudah ada tiga orang saksi yang dimintai keterangan masing-masing Kaling Peguyangan Made Wirayuda Oka, Nur Hayanti Ibu pelaku, dan Lina Rumbiaya Istri pelaku. Mereka dimintai keterangan untuk mengetahui secara pasti motif dari kejadian tersebut. Mengingat ada banyak dugaan yang berkembang mulai dari permasalahan hutang piutang, hingga masalah kecemburuan.

“Motifnya masih kami dalami, dan kami sedang memeriksa tiga orang saksi. Berikan kami waktu dulu agar nanti kronologisnya jelas,” Ujarnya.

Dari hasil olah lokasi kejadian yang dilakukan terlihat kasur yang terletak di ruang tengah rumah Pelaku ALamsyah hangus terbakar. Terlihat juga sebuah botol yang berisi sisa bensin yang diduga disiramkan pelaku ke tubuhnya. Sementara diatas kasur juga terlihat kulit yang terkelupas. Sementara di jalan Gang Ratnadi III ditemukan ada ceceran darah yang diduga darah Korban Agus.

Disisi lain, dari pemeriksaan medis di RSUD Buleleng, Pelaku Alamsyah mengalami luka bakar yang serius karena hampir seluruh tubuhnya hangus. Luka bakar yang dideritanya pun hampir seratus persen. Sementara korban Putu Agus Suara Saputra mengalami luka tusuk pada dada sebelah kiri dan kanan, serta luka gores pada tangan kirinya.

“Alamsyah ini sudah meninggal dalam perjalanan menuju RSUD, karena luka bakar yang serius hampir 100 persen. Kemudian kalau Agus sudah langsung diberi tindakan oleh petugas medis, dan akan segera menjalani oprasi,” Ujar Kasubag Humas RSUD Buleleng Ketut Budiantara. |RM|

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here