Buleleng Raja Tanjakan Promosikan Sport Tourism Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Ratusan peserta dari Pengkab dan Pengkot ISSI dan club sepeda se-Bali, mengikuti kejuaraan “Buleleng Raja Tanjakan & Criterium Se Bali 2018”, yang digelar Pengurus Kabupaten Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Buleleng, 28 – 29 April 2018.

Pada penyelenggaraannya yang kelima tahun ini, Buleleng Raja Tanjakan yang sudah menjadi icon kejuaraan balap sepeda bergengsi di Bali digelar pada dua nomor, yakni Criterium dan Road Race. Untuk lomba di nomor criterium atau jalur berputar dilaksanakan Sabtu 28 April 2018 pagi di kawasan Jl. Kartini Singaraja, sedangkan road race digelar Minggu 29 April 2018.

- Advertisement -

Ratusan peserta road race dan fun bike, Minggu pagi dilepas di Pantai Binaria Lovina oleh Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, didampingi Ketua Harian KONI Buleleng, Ketua Umum Pengkab ISSI Buleleng dan Perbekel Desa Kalibukbuk.

Peserta fun bike diajak menempuh rute melintasi Kota Singaraja menuju Taman Bung Karno di Sukasada yang selanjutnya sebagai start dari nomor road race dengan finish di area parkir Objek Wisata Gitgit bagi peserta kategori Junior dan Elite Women serta Master A dan B. Sementara untuk peserta kategori Junior dan Elite Men menempuh rute tanjakan maut hingga finish di Pura Tirta Ketipat, Wanagiri Kecamatan Sukasada.

Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra usai melepas peserta menyatakan sangat mendukung kejuaraan yang digelar Pengkab ISSI Buleleng. Ia berharap event ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, disamping menjaring bibit-bibit atlet handal juga untuk mempromosikan pariwisata Buleleng.

“Jadi selain mereka berolahraga juga bisa menikmati keindahan Pantai Lovina. Dan mudah-mudahan kegiatan Raja Tanjakan yang sudah kelima kali ini bisa juga membina untuk mencari bibit-bibit dari pembalap-pembalap sepeda di Kabupaten Buleleng bahkan di Bali,” ucap Wabup Sutjidra.

- Advertisement -

Sementara itu Ketua Harian KONI Buleleng, Gede Dharmawan menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Buleleng Raja Tanjakan yang digelar Pengkab ISSI Buleleng, seraya berharap selalu ada peningkatan kualitas di tiap tahunnya.

“Kami tentunya dari pengurus KONI Buleleng memberikan apresiasi dan pengharagaan kepada Pengkab ISSI Buleleng karena telah berupaya menyelenggarakan Buleleng Raja Tanjakan sampai yang kelima kalinya”, paparnya.

Ketua Umum Pengkab ISSI Buleleng, Ni Kadek Turkini menjelaskan, khusus untuk penyelenggaran tahun ini peserta dibatasi hanya untuk wilayah Bali, dimana pada tahun-tahun sebelumnya selalu menyertakan atlet dari Jawa dan NTB. Meskipun sempat ada kekhawatiran minim peserta, namun jumlah atlet yang mengikuti nomor criterium dan road race ternyata melampaui target semula.

Terkait harapan seluruh pihak untuk menjadikan kegiatan olahraga sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata atau sport tourism, Turkini menyatakan bahwa sejak awal pelaksanaan Buleleng Raja Tanjakan memang bertujuan untuk mengenalkan obyek-obyek pariwisata di Bali Utara.

“Kami punya keinginan yang kuat bagaimana mempromosikan Buleleng di kancah nasional, internasional, karena dari kemarin pun Buleleng Raja Tanjakan ini visi misinya memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di Buleleng khususnya dan di Bali pada umumnya”, ungkap Turkini.

Hasil kejuaraan Criterium se-Bali, pada kategori pemula putra, juara 1 dan 2 diraih Arya Merta dan Pande Made Jaya dari Denpasar serta juara 3 Arsat dari Buleleng. Kategori pemula putri, juara 1 dan 2 Ni Kadek Sintia Widiantara dan Ni Kadek Asti Aiswari  dari Tabanan serta juara ketiga Berliana Dini Rahmawati dari Jembrana.

Kategori junior men, juara 1 Gede Arik Saputra, juara 2 Putu Lugi Restya dan juara ketiga Adzan Bagus Gemilan. Junior women, juara 1 Ni Putu Novi Yanti dari Denpasar, juara 2 Shinta dari Tabanan dan Kadek Widia Widani dari Buleleng.

Kategori elite men, juara 1 dan 2 dari Jembrana atas nama Arfan Omar Batista dan Axel  Garan serta Kevin Dani Maulana dari Denpasar. Elite women, juara 1 Wayan Rani Pratama dari Badung, juara 2 Sayu Bella Sukma Dewi dari ISSI Denpasar dan juara 3 Ajeng Ardias Arifandi dari ISSI Badung.

Kategori Master A, juara 1 dan 2 diraih pembalap senior dari Jembrana, Dekodaya dan Fatur Rajji serta di urutan ketiga pembalap Buleleng I Gusti Bagus Joni Kurniawan. Master B, juara 1 Dewa Adi (Jembrana), juara 2 Wisnaya (Club Batanta) dan juara 3 Putu Wirawan (BMBC).

Selanjutnya pada nomor road race Raja Tanjakan, kategori junior women pada peringkat pertama diduduki ISSI Denpasar atas nama Ni Putu Novi Yanti sementara urutan kedua dan tiga diduduki Kadek Widya Widani dan Luh Elsa Putri Rani dari ISSI Buleleng. Kategori elite women, juara 1 Ni Wayan Rani Pratama Dewi dan juara 2 Ajeng Ardias Arifandi sama-sama dari ISSI Badung dan juara ketiga dari ISSI Jembrana, Fitri Lailatullia.

Kategori elite men road race, juara 1 Agus Arya (Buleleng), juara 2 Arfan Omar Batistas (Jembrana) dan juara ketiga Kevin Dani Maulana (Denpasar). Sementara junior men, juara 1 dan 2 Putu Lugi Kestya dan Pande Made Jaya Sedana dari Denpasar serta di urutan ketiga Gede Arik Saputra dari Buleleng.

Terakhir kategori Master A, juara 1 Made Yasa (Batanta), juara 2 I Gede Eka Prihandana (Kemride Jembrana) dan juara ketiga I Gusti Bagus Joni Kurniawan. Kategori Master B, juara satu I Wayan Wisnawa (Bangli), juara dua Dafrudin (Jembrana) dan juara ketiga Dewa Putu Adi Wirawan (Jembrana).|RKB/R|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts