Jembatan di Desa Pedawa Sudah Bisa Dilalui

Singaraja, koranbuleleng.com | Jembatan di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar yang sempat terputus dihantam banjir bandang dari Sungai Penangkidan awal tahun 2018 lalu kini sudah bisa dilalui setelah diperbaiki. Jembatan ini termasuk akses snagat vital, karena menghubungkan antar dusun dan antar desa di wilayah Bali Aga.

Jembatan di atas Sungai Penangkidan sempat ganggu aktivitas warga setempat, termasuk gangu kepentingan ekonomi.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buleleng, Ketut Suparta Wijaya, mengatakan jembatanini sangat vital sehingga harus tetangani dengan segera. Vital karena, jalan ini sering digunakan sebagai jalur alternative menuju daerah lain, serta digunakan warga untuk penghubung jalur pengiriman hasil bumi dan pertanian.

“Perbaikan ini terus dipercepat karena jembatan di atas sungai Penangkidan ini merupakan jalur penting untuk perekonomian dan juga siswa berangkat ke sekolah,” jelasnya.

Proyek perbaikan ini dilakukan dengan proses pengadaan langsung dengan pagu anggaran sebesar hampir Rp 200 juta. Namun, saat penandatanganan kontrak berhasil melakukan efisiensi sehingga nilai kontrak adalah Rp. 179.425.000.

Efisiensi dilakukan sebesar Rp. 20.575.000. Perbaikan ini dikerjakan dalam jangka waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender. “Pengerjaan dengan jangka waktu 120 hari. Kita juga berhasil melakukan efisiensi sebesar Rp 20 juta lebih,” ujar Suparta Wijaya.

- Advertisement -

Sebelumnya untuk mengganti jembatan yang hancur akibat banjir, warga menggantinya dengan jembatan darurat yang terbuat dari bambu. Jembatan ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda motor secara bergantian. Warga secara bergotong royong membangun jembatan dari bambu tersebut dan dalam waktu empat jam sudah selesai.

Beberapa ruas jalan dan juga jembatan di daerah perbukitan Buleleng hancur karena diterjang banjir bandang pada musim penghujan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018.

Salah satunya jembatan di atas Sungai Penangkidan ini. Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, pun sempat meninjau Desa Pedawa dan menyerahkan bantuan kepada warga Desa Pedawa. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts