Pendirian Patung Bung Karno Berbahan Perunggu Setinggi 8 Meter Segera Tender

Singaraja, koranbuleleng.com| Proyek lanjutan Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno di Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasada akan dilanjutkan tahun 2018 ini.

Dalam pembangunan tahap ke-3 tahun ini, salah satunya dirancang untuk pendirian Patung Sang Proklamator Bung Karno sebagai ikon. Patung tersbeut dirancang setinggi 8 meter dan berbahan dari perunggu. Pertengahan tahun ini, Pemkab Buleleng merencakan proses tendernya.

Plt Kepala Dinas Perumabah, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng Nyoman Surattini menjelaskan, untuk pembangunan di tahun 2018 ini, Disperkimta Buleleng menyiapkan anggaran sebesar Rp5.830.000.000.

“Baru saja selesai masa pemeliharaan. Sekarang sedang persiapan untuk proses lelang. Kalau tidak ada halangan, maksimal kontrak kerja pada awal Agustus nanti,” jelasnya.

Menurut Surattini, anggaran sebesar Rp5,8 miliar lebih itu nantinya akan diperuntukkan untuk pembangunan Stage Singa, Penataan taman, dan pembangunan Patung Bung Karno sebagai icon dari taman tersebut.

Sesuai dengan spesifikasi yang telah tertuang dalam Detail Engineering Design (DED), Patung Bung Karno dirancang dalam kondisi berdiri sambil menunjuk sesuatu dengan tinggi mencapai 8 meter.

Sehingga jika ditambah dengan tinggi pedestal patung yang mencapai 7,76 meter, tinggi Icon Taman Bungkarno tersebut adalah 15,76 meter.

“Untuk pengadaan patung nanti menjadi tanggung jawab dari pemenang tender. Tapi, spesifikasinya harus sesuai dengan rancangan kami, tinggi patungnya itu 8 meter dan berbahan dasar perunggu. Kita masih lakukan survey di Jogjakarta,” Ujarnya.

Surattini mengingatkan proses pembangunan RTH Taman Bung Karno tahap ke-2 memang sudah selesai tahun 2017 lalu.

Namun pengerjaan lanjutan baru bisa dimulai pada pertengahan tahun 2018 ini karena selama enam bulan setelah serah terima pembangunan tahap ke-2, pihak penggarap berkewajiban melakukan pemeliharaan selama enam bulan yakni hingga Bulan Juni 2018.

Kini, setelah masa pemeliharaan berakhir, pihaknya mulai melakukan persiapan untuk proses pembangunan lanjutan tahap ke-3.

Sesuai dengan perencanaan, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bungkarno di Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasada, selain untuk penghijauan, pemanfaatannya juga untuk rest area bagi para wisawatan yang akan datang atau meninggalkan Buleleng melalui Jalur Utama Singaraja-Bedugul.

Untuk mendukung hal itu, Pemkab Buleleng juga akan melakukan penataan dikawasan RTH tersebut terutama kawasan yang berlokasi di Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasda, dan di kawasan kelurahan Beratan Kecamatan Buleleng, dengan membangun beberapa fasilitas pendukung.

Selain itu, pembangunan Taman Bung Karno juga untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Buleleng membuat Kawasan Promosi Soekarno Heritage, dengan melakukan pelestarian terhadap kawasan-kawasan yang berkaitan dengan sejarah Keluarga Presiden Pertama Republik Indonesia itu. Mulai dari RTH Taman Bung Karno, hingga ke Kantor Bupati Buleleng.

Sementara dalam RTH Sukasada, akan dilengkapi fasilitas Stage untuk menampilkan pertunjukan kesenian dan budaya, fasilitas air mancur, tempat kuliner yang akan menyajikan makanan khas Buleleng, serta jogging track yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang berkunjung ke RTH tersebut. |RM|