HUT RI ke-73 Jadi Momentum Deklarasi Anti Hoax dan Ujaran Kebencian

Singaraja, koranbuleleng.com | Pembukaan Pameran Pembangunan, hiburan dan pasar rakyat HUT RI ke-73 di Lapangan Bhuwana Patra dijadikan sebagai momentum untuk deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian.

Dalam sambutan tertulis Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang dibacakan oleh Wakil Bupati Buleleng dr.I Nyoman Sutjidra,Sp.OG., mengatakan, bahwa momentum pembukaan pameran pembangunan, hiburan rakyat dan pasar malam ini juga dipakai untuk menyelenggarakan Deklarasi Masyarakat Buleleng Anti Hoax dan Ujaran Kebencian.

- Advertisement -

Hal ini dilakukan karena beberapa tahun terakhir berita hoax atau bohong, ujaran kebencian, penghasutan, dan pencemaran nama baik seringkali merusak tatanan informasi positif yang diharapkan. Sehingga melalui deklarasi ini diharapkan masyarakat bisa menjadi lebih bijak dalam bermedia sosial.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Buleleng selaku Ketua Seksi, Dr. Drs. Ketut Suweca, M.Si  melaporkan kegiatan yang memeriahkan Pameran Pembangunan, Hiburan Rakyat dan Pasar Malam. Selain itu, Suweca menyampaikan maksud dari deklarasi untuk mengajak masyarakat menghindari berita hoax.

“Ini untuk mengingatkan kita semua betapa berita hoax itu merugikan diri sendiri dan orang lain sehingga harus dihindari, dilawan, dan ditolak kehadirannya,” jelasnya.

Setelah secara resmi dibuka, Bupati Suradnyana dan Wabup Sutjidra masing-masing didampingi istri dan Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka beserta Unsur Forkompimda Buleleng serta sejumlah undangan lainnya melakukan penandatanganan Deklarasi Masyarakat Buleleng Anti Hoax dan Ujaran Kebencian. Selain itu, Bupati Suradnyana dan Wabup Sutjidra mengunjungi seluruh stand Pameran Pembangunan dan stand UMKM.

- Advertisement -

Pameran Pembanguan, Hiburan Rakyat dan Pasar Malam ini dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional dan modern. Selain itu, agenda tahunan ini diramaikan dengan stand-stand yang diikuti 35 peserta yang terdiri dari 15 SKPD dan 20 peserta dari unsur BUMN, BUMD, Swasta, dan UMKM yang secara keseluruhan tergabung kedalam 45 stand.

Pameran Pembanguan, Hiburan Rakyat dan Pasar Malam ini dibuka langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (14/08) malam. Pameran Pembanguan, Hiburan Rakyat dan Pasar Malam akan berlangsung selama 14 hari dimulai dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 27 Agustus 2018.

Dalam kesempatan itu hadir pula, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, FKPD Kabupaten Buleleng, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng. |R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts