Kawasan Promosi Soekarno Heritage Diberi Hibah Tanah

Singaraja, koranbuleleng.com| Desa Pakraman Bratan Samayaji Kecamatan Buleleng menyerahkan lahan yang berlokasi tepat di sebelah utara Taman Bung Karno untuk mendukung program Pemkab Buleleng membangun Kawasan Promosi Soekarno Heritage.

Pemkab Buleleng merancang Kawasan Promosi Soekarno Heritage dari Taman Bung Karno Sukasada, hingga Kantor Bupati Buleleng sebagai upaya pelestarian terhadap kawasan-kawasan yang berkaitan dengan sejarah keluarga Presiden pertama Republik Indonesia itu.

- Advertisement -

Sejumlah program pembangunan untuk menunjang hal itu pun sudah disiapkan oleh Pemkab Buleleng. Termasuk melakukan penataan disepanjang pinggiran jalan yang masuk dalam Kawasan Promosi Soekarno Heritage.

Desa Pakraman Bratan Samayaji yang berbatasan langsung dengan Taman Bung Karno juga mendukung penuh program yang dicanangkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Terlebih lagi, Bratan Samataji yang merupakan salah satu Desa Tua di Buleleng juga akan terkena dampak positif. Bentuk dukungan yang dilakukan adalah dengan memberikan lahan kepada Pemkab Buleleng.

Badan Keuangan Daerah (BKD) Buleleng melalui Bidang Aset telah melakukan pengecekan fisik terhdap lahan yang berlokasi di sebelah utara Taman Bung Karno itu, termasuk melakukan pengukuran luas lahan.

- Advertisement -

Menurut Kepala Bidang Aset BKD Buleleng Made Pasda Gunawan, pengecekan fisik ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas penyerahan lahan itu kepada Pemkab Buleleng, untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat hak milik atas nama pemkab Buleleng.

“Tanah yang sudah dilepaskan kepada Pemkab ini luasannya sudah kita cek luasnya 0,5 are. Kita ingin mengamankan dulu untuk sertifikatkan atas nama Pemkab, setelah itu baru akan ditindak lanjuti untuk pembangunan,” Jelasnya.

Sementara itu, Lurah Beratan Made Wibawa menyebut jika penyerahan lahan itu kepada Pemkab Buleleng memang sebagai bentuk dukungan untuk pembangunan Kawasan Promosi Soekarno Heritage. Terlebih lagi, Kelurahan Beratan yang juga menjadi kawasan pendukung akan mendapatkan dampak secara positif atas program tersebut.

Bahkan rencananya, Desa Pakraman Bratan Samayaji juga akan menyerahkan sebuah lahan bekas Pura Alit dengan luas sekitar 3 Are, yang dipinjamkan kepada Krama Tamiu di Bratan. Hanya saja, saat ini, pihak pengurus Adat Bratan Samayaji masih melakukan komunikasi.

“Sejak awal memang komitmen kami di Beratan jelas untuk mendukung penuh. Karena lingkungan kita juga masuk dalam kawasan dan pastinya akan terdampak. Kalau soal rencana penyerahan lahan bekas Pura Alit masih dikomunikasikan, mudah-mudahan mereka juga sepakat,” Ujarnya.

Rencananya, lahan itu akan dimanfaatkan sebagai Taman oleh Dinas Pertanahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Buleleng untuk mempercantik pintu masuk ke Kota Singaraja, juga sebagai penunjang Pembangunan Kawasan Promosi Soekarno Heritage. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts