PPID Buleleng Studi Komparasi Pengelolaan Informasi Publik

Singaraja, koranbuleleng.com | Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kabupaten Buleleng melakukan studi komparasi terkait pengelolaan informasi publik di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar yang diselenggarakan di Graha Sewaka Dharma, Denpasar Selasa 21 Agustus 2018.

Komitmen Pemkot Denpasar dalam pelayanan akses informasi untuk masyarakat melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, telah dibuktikan dengan diraihnya peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik tahun 2017 lalu.

- Advertisement -

Rombongan PPID Buleleng dipimpin Kadis Kominfosandi Buleleng Dr. Drs,I Ketut Suweca,M.Si, bersama dengan Sekdis Kominfosandi I Ketut Yadnya, SH, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Cok Adithya WP, S.Sos dan pejabat PPID dari sepuluh OPD Pemkab Buleleng.

Rombongan Kabupaten Buleleng diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Statistik Kota Denpasar I Dewa Made Agung, SE, M.Si dan Kabid Komunikasi Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, S.Sos., M.Si. Papaparan materinya perihal tata kelola keterbukaan informasi publik Kota Denpasar

Dewa Made Agung menjelaskan bahwa sejak tahun 2013 Pemerintah Kota Denpasar memfasilitasi kebutuhan akses informasi dan keluhan yang ingin diajukan masyarakat melalui aplikasi Pelayanan Rakyat Online (PRO Denpasar) yang mempermudah masyarakat karena bisa diakses dimana saja melalui smartphone. Aplikasi ini juga memungkinkan permintaan dan keluhan masyarakat langsung mendapat tanggapan dari dinas yang terkait.

Selain melalui PRO Denpasar, awal tahun 2017 lalu Pemkot Denpasar juga menyediakan website khusus untuk permohonan informasi, yaitu ppid.denpasarkota.go.id. Melalui website ini masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi khusus yang diperlukan sesuai tata cara dan ketentuan yang diatur dalam perundang-undangan.

- Advertisement -

Beragam fasilitas akses informasi tersebut diharapkan membantu masyarakat dan mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Sementara I Ketut Suweca menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Pemkot Denpasar. Keberhasilan dan kiat-kiat yang dilakukan Pemkot Denpasar nantinya akan dijadikan referensi dan tambahan ilmu yang akan diterapkan di Buleleng, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat menjadi semakin baik.

“Kami lihat pengelolaan informasi publik di Kota Denpasar sudah sangat baik, jadi tidak salah Denpasar selalu meraih peringkat pertama dalam hal keterbukaan informasi publik,” katanya. |R|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts