PAS Jajaki Kerjasama dengan Banyuwangi

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Buleleng melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi.

Kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi,  Abdullah Azwar Anas, Senin 3 September 2018. Kunjungan kerja ini juga sebagai rancangan membangun kerjasama antara Buleleng dan Banyuwangi.

- Advertisement -

Rencana kerjasama ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas di bidang pelayananan publik.

Menurut Bupati, pembahasan kerja sama ini masih bersifat makro, dan nantinya akan dijabarkan lagi secara teknis oleh masing-masing OPD.

Ada beberapa sektor yang akan dibangun kerjasama antara lain, bidang tata kelola pemerintahan, pariwisata dan kebudayaan, industri dan perdagangan, ekonomi kreatif, lingkungan hidup dan kebersihan, pertanian dan ketahanan pangan, serta teknologi informasi.

“Ini masih dalam tahap penjajakan, sifatnya masih umum, kita akan melakukan kerja sama pemerintahan, itu dulu, Nanti masing-masing OPD yang akan melakukan kerja sama lebih teknis sesuai dengan bidang dan tugasnya,” ujarnya.

- Advertisement -

Bupati menilai Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi kewilayahan dan pemerintahan yang layak sebagai mitra kerja sama Pemkab Buleleng.  Apalagi, Ssecara geografis jarak Buleleng dengan Banyuwangi cukup dekat, serta nemiliki potensi kebudayaan dan pariwasata yang sudah cukup maju. Begitupun dibidang pertanian, potensinya juga sangat bagus.

“Dalam hal tata kelola pemerintahan, Pemkab Banyuwangi ini evaluasi AKIP -nya sudah memperoleh predikat A, sedangkan Buleleng baru mendapat predikat B, dan yang lebih penting lagi untuk dipelajari adalah bagaimana upaya Pemkab Banyuwangi dalam mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat “ ujar Bupati yang gemar memasak itu.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, M.Si mengungkapkan apresiasi dan menyambut baik upaya penjajakan kerja dan sama  dibidang pemerintahan antar Pemkab Buleleng dan Pemkab Banyuwangi, termasuk pariwisata.

“Karena berbicara pariwisata sebenarnya berbicara lintas teritorial, jika ada kepala Daerah yang masih berpikir satu teritorial, maka bersiap pariwisatanya tidak akan dapat melompat dengan cepat. Untuk itu kerja sama seperti ini sangat diperlukan “ ungkap Bupati yang sempat menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur ini. ,

Bupati Azwar juga menambahkan perlunya dukungan dari ASN dalam membangun keberhasilan sebuah pemerintahan, “ Bupati harus mampu mendorong ASN itu untuk tahu siapa mengerjakan apa,” kata Azwar. |NP|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts