Guru PAUD Dituntut Kreatif dan Inovasi

Singaraja, koranbuleleng.com| Guru untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dituntut untuk lebih kreatif dan inovati dalam memberikan pendidikan kepada anak. Hal itu harus dilakukan sebagai upaya agar Guru bisa membangun potensi siswa.

Penerapan strategi pembelajaran untuk tingkat PAUD itu dipresentasikan dalam lomba presentasi karya nyata serangkaian dengan Gebyar Paud tahun 2018 yang berlangsung di Areal Taman Kota Singaraja dan SD Negeri 3 Banjar Jawa Jumat, 14 September 2018. Lomba karya nyata itu diikuti oleh 89 lembaga TK di Kabupaten Buleleng, masing-masing 25 TK Negeri dan 64 TK Swasta.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Gede Suyasa mengatakan, lomba presentasi karya ilmiah untuk Pendidik ditingkat PAUD ini digelar untuk mengetahui sejauh mana kreatifitas dan inovasi yang dimiliki Pendidik.

Karena menurutnya, peningkatan kreatifitas dan inovasi dari tenaga pendidik ini akan mampu membangun potensi dari siswa, dalam hal penyerapan materi yang diberikan selama proses pembelajaran di kelas.

“Guru harus mengkreasi proses pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Menurut Kadisdikpora Buleleng Gede Suyasa, gebyar PAUD ini lebih menanamkan pada pendidikan karakter dan kecerdasan anak sejak usia dini. Karena sekarang PAUD menjadi peletak dasar sebelum mereka masuk ke sekolah dasar.

- Advertisement -

“Kesiapan mental dan psikologi anak penting, makanya PAUD diberi ruang untuk berkreatifitas meningkatkan pemahaman dan pendalaman karakter,” tegasnya.

Gebyar PAUD merupakan kegiatan rutin yang digelar Disdikpora Buleleng setiap tahun. Dalam kegiatan kali ini, ada delapan kegiatan yang digelar, mulai dari Lomba karya nyata, lomba carnaval, baleganjur, fashion show, senam gemar makan ikan, menggambar, celoteh anak, dan lomba memindahkan bola.

Kegiatan yang dibuka Bunda PAUD buleleng Nyonya Aries Suradnyana ini melibatkan sedikitnya 770 siswa dari 89 TK baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Buleleng.

“Kedepan, Disdikpora harus dapat memfasilitasi penyelenggaraan proses belajar mengajar dalam lingkup PAUD agar jangkauan layanan semakin meningkat,” ujar Bunda PAUD Aries Suradnyana. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts