Badan Siber dan Sandi Nasional Bantu Buleleng Tangkal Hacker

TIM IT BSSN dan Staf Diskominfosandi Buleleng melkaukan penjajagan kerjasama untuk tangkal hacker |Foto : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) membantu Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng mengamankan seluruh informasi dan jaringan data disemua lini aplikasi website milik Pemkab Buleleng dari serangan hacker atau peretas.

Empat orang dari Tim IT Security Assesment dari BSSN telah menemui Kepala Dinas Kominfosandi Buleleng  Ketut Suweca bersama jajaran untuk mengaudit dan menilai celah-celah keamanan informasi dari aplikasi yang dimiliki OPD Kab. Buleleng.

Beberapa aplikasi yang dibangun oleh Pemkab Buleleng diantaranya website resmi Pemkab Buleleng, E-Sakip, LPSE Kabupaten Buleleng beserta aplikasi jaringan data lainnya.

Peretas sangat memungknkan masuk ke semua lini jarngan data tersebut dan sangat membahayakan.  Apalagi, semua aplikasi itu untuk pelayanana masyarakat luas dari berbagai elemen.  Kemungkinan yang terjadi bahwa peretas bisa saja mengambil, merusak, mengubah database yang ada pada aplikasi tersebut.

Empat orang tim dari BSSN ini diantaranya,  Sutanto, SE (sandiman muda pd subdirektorat identifikasi kerentanan dan penilaian resiko pemerintah daerah Deputi I BSSN), Anggrahito, S. ST, ST (sandiman muda pada pusat pengkajian dan pengembangan teknologi keamanan siber, BSSN), Irma Nurfitri Handayani,S. ST, ST (Analisis Identifikasi Kerentanan Siber, Deputi 1 BSSN) dan Daniel Melando, S. ST, ST (Analisis Identifikasi Kerentanan Siber, Deputi 1 BSSN). Assesment ini berlangsung dari 16 – 19 Oktober 2018.

Prsentasi assessment direncanakan pada Kamis 19 Oktober 2018.  Hasil  assessment akan dijadikan dasar dari OPD pemilik aplikasi dan Diskominfosandi sebagai pengelola server mengelola keamanan data dan sistem informasi. Pengelolaan informasi itu sesuaid engan prinsip keamanan informasi seperti ketersediaan, keutuhan, keaslian dan tidak ada penyangkalan dari suatu informasi.

Kadis Kominfosandi Buleleng Ketut Suweca menyatakan ini sebagai penjajagan awal dengan Badan Siber Dan Sandi Nasional untuk bekerjasama dengan Pemkab Buleleng mengamankan seluruh informasi dari aplikasi ang dibangun oleh Pemkab Buleleng.

” Usai ini kami akan ke BSSN untuk menyepakati kerjasama” ucapny. |R/NP|