Buleleng Raih Anugerah KASN Keduakali

Buleleng Raih Anugerah KASN Keduakali

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng kembali menerima Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tahun 2018 Penganugerahan diterima di Hotel Bidakara – Jakarta Selatan, Selasa 23 Oktober 2018. Penghargaan ini adalah yang keduakalinya, setelah di tahun 2017 juga mendapat penghargaan yang sama.

- Advertisement -

Selain Buleleng, ada beberapa daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa. Yakni, Kota Banda Aceh (Aceh), Kabupaten Blora (Jawa Tengah), Kabupaten Tanah Bumbu (Kalsel), dan Kabupaten Tuban (Jatim).

Anugerah KASN ini merupakan bentuk apresiasi KASN pada instansi pemerintah dalam Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan inovasi penerapan sistem merit dalam manajemen ASN sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Anugerah ini diterima Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST. Dalam penganugerahan tersebut, Sekda Puspaka didampingi Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Promosi BKPSDM Kabupaten Buleleng Bapak I Gusti Made Suryawan, SH.

Sebanyak 75 daerah yang merebutkan Anugerah KASN tahun 2018 ini. Berdasarkan hasil verifikasi, media tracking dan kelengkapan usulan, maka selanjutnya disusun short list sebagai nominator utama. Nominator Utama Anugerah KASN 2018, terdiri dari 5 Instansi Kementerian/Lembaga 6 instansi pemerintah provinsi, dan 9 instansi pemerintah kabupaten/kota, serta terdapat 9 instansi pemerintah nominator utama kategori inovasi pengembangan manajemen ASN.

- Advertisement -

Instansi pemerintah yang masuk nominator utama selanjutnya diundang untuk melakukan ekspose atau paparan di hadapan Tim Panel Ahli. Dan Kabupaten Buleleng berada di urutan ke 3 Nasional dalam bidang Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi.

Ketua KASN, Bapak Prof. Dr. Sofian Efendi dalam sambutannya menyampaikan, akan pentingnya sistem merit untuk memajukan pemerintahan melalui peningkatan kualitas sumber daya aparatur.

Pelaksanaan seleksi terbuka menjadi hal yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selanjutnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili Deputinya berkesempatan memberikan arahan terkait arah dan strategi kebijakan pengembangan Human Capital dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara.

Sementara itu, Sekda Puspaka mengaku sangat bersyukur Kabupaten Buleleng bisa kembali meraih Anugerah KASN. Menurutnya, penghargaan ini harus bisa dicermati, karena penempatan jabatan di Pemkab Buleleng sudah sesuai prosedur yang ada.

“Penghargaan ini kita raih karena konsistensi Pemkab Buleleng dalam menerapkan regulasi terkait dengan penempatan jabatan di struktur Pemkab Buleleng,” Jelasnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan seminar Pengembangan Human Capital dalam Manajemen ASN, dan Pembacaan serta penandatanganan Deklarasi Gerakan Nasional Netralitas ASN. Melalui anugrah ini diharapkan kedepan kualitas sistem merit yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan melalui pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dapat lebih baik dan menjadi motivasi bagi instansi pemerintah. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts