Unit Sapu Bersih Siap Bersihkan Singaraja

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng secara resmi membentuk Unit Sapu Bersih (USB). Unit ibi merupakan tim reaksi cepat untuk menangani permasalahan sampah dan pengaduan dari masyarakat.

Singaraja, koranbuleleng.com | Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, meluncurkan dua unit armada sapu bersih di Kantor DLH Kabupaten Buleleng, Kamis, 1 November 2018.

Unit Sapu Bersih (USB)  merupakan unit kerja yang dibentuk oleh DLH Buleleng, dengan personil sebanyak 12 Orang dari Tenaga Harian Lepas.

Putu Ariadi Pribadi mengatakan, USB dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pelayanan super cepat kepada masyarakat, terkait dengan sampah yang bertebaran di tempat umum. Selain itu, USB juga melayani pengaduan dari masyarakat jika terjadi permasalahan sampah.

“ USB inilah nanti akan memberikan pelayanan lebih cepat, disamping itu USB ini juga di persiapkan untuk melayani pemungutan sampah dari sisa – sisa seperti upacara keagamaan, apabila ada sampah dari upacara agama bisa menghubungi kami USB Kabupaten Buleleng, di nomor aduan (0362) 3302024 “ Ucapnya.

Untuk tahun 2018, ada 2 dua unit kendaraan sebagai pendukung USB. Satu unit armada, mencakup dua regu. Satu regu berjumlah 3 orang. Total ada 12 personil.

Ariadi menambahkan USB dibentuk untuk mengantisipasi kegiatan – kegiatan yang bersifat insidentil dan darurat.

“Artinya dengan adanya USB ini tidak mengganggu penjadualan petugas kami yang sudah bertugas secara rutin, kalau kemarin sebelum ada USB,” ujar Ariadi.

Untuk sementara dua armada USB yang baru diluncurkan hanya dioperasikan di dalam Kota Singaraja. USB akan langsung bergerak bila ada pengaduan dari masyarakat. Harapannya pelayanan kebersihan terhadap masyarakat dapat di tingkatkan dan kota Singaraja semakin bersih.

Ariadi mengatakan rencana kedepannya sesuai dengan kemampuan anggaran, pemerintah akan menambah beberapa unit armada lagi, untuk memberikan pelayanan di bidang kebersihan di Kabupaten Buleleng.

“Sumberdana dari APBD Kabupaten Buleleng dari DPA DLH Buleleng,” terang Ariadi. |NP/R|