Arah Pembangunan Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat dan Anak Usia Dini

Singaraja, koranbuleleng.com | Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra mengungkapkan saat ini pembangunan Indonesia sedang menuju ke arah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).  Pembangunan SDM ini juga difokuskan dalam pembangunan di pedesaan melalui pemeberdayaan masyarakat dan pendidikan anak usia emas atau golden age.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat memberikan sambutan pada kegiatan penilaian KKG PKK KB Kesehatan tingkat Kabupaten Buleleng di Wantilan Pura Desa, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Sabtu 3 Nopember 2018.

Wabup Sutjidra menjelaskan Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Kesejahteraan masyarakat akan meningkat sehingga usia harapan hidup menjadi lebih panjang.

Hal ini menjadi tugas bersama bagaimana memberdayakan masyarakat ataupun memanfaatkan bonus demografi ini. Jangan sampai bonus demografi ini menjadi suatu yang tidak bagus.

“Bagaimana cara kitanya memberdayakan ini. Seperti yang saya lihat di sini ada lansia umur 80 tahun yang sudah memiliki 15 cucu dan 10 cicit masih tetap semangat,” jelasnya.

Desa melalui perbekel harus memiliki kiat-kiat atau inovasi untuk pemberdayaan masyarakat ini. Bagaimana caranya dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) mapun Dana Desa (DD).

Hal tersebut dipandang sangat perlu mengingat Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kesehatan juga untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai contoh, UKM Desa Panji yang sudah mulai menunjukkan perkembangan untuk diberdayakan lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Wabup Sutjidra.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra dalam sambutannya mengatakan agar Ketua TP PKK Desa yang otomatis menjadi Bunda PAUD di desa termasuk perbekel untuk memberikan perhatian lebih kepada PAUD.

PAUD menjadi sangat penting mengingat pada usia 0-6 tahun anak berada pada periode usia emas atau golden age period. Pada periode ini anak mengalami pertumbuhan otak dan mental.

“Saya berharap kepada Bunda PAUD dan dan perbekel untuk lebih memperhatikan PAUD di desa-desa,” ujarnya.

Selain itu anak pada usia emas, ibu hamil juga perlu diperhatikan. Ketika seorang ibu hamil, dirinya mengandung selama sembilan bulan. Pada usia itu pula, pertumbuhan anak harus diperhatikan. Pertumbuhan anak dalam kehamilan dipengaruhi oleh prilaku ibunya sendiri seperti memberikan gizi yang bagus kepada calon bayi.

“Hal tersebut sangat diperlukan karena perlu diketahui Sembilan bulan tersebut berarti 90 tahun hidupnya akan terlihat. Golden age period juga sangat dibantu dengan adanya PAUD dan ramah otak,” pungkas Ayu Wardhany Sutjidra. |R|