Kominfosandi Buleleng Tingkatkan Kualitas Pelayanan Informasi

Kominfosandi Buleleng ikuti bimtek PPIDĀ 

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (Bimtek PPID) yang berlangsung di Kantor Dinas Kominfo Statistik Provinsi Bali. Keikutsertaan Kominfosandi dalam bimtek untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi ke masyarakat.

- Advertisement -

Kegiatan itu dibuka Kepala Bidang Pengelolaan Informasi I Gusti Ngurah Bagus Kresno Dwi Poyono. Dengan melibatkan Dinas Kominfosandi se Bali, Bimtek menghadirkan dua narasumber masing-masing Asisten Pratama Bidang Pencegahan Ombudsman RI Dani Marsa Ariaputri dan Asisten Pemeriksa Laporan Dewa Ayu Trismayuni.

Dalam kesempatan itu, Marsa Ariaputri menjelaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan melalui penyelesaian pengaduan yang cepat dari penyedia layanan dalam hal ini instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan itu sendiri ke depannya.

Menurutnya, di era revolusi 4.0, teknologi digital dan internet digunakan dengan sangat masif di semua aspek kehidupan. Setiap orang bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan cepat. PPID sebagai garda terdepan terkait pelayanan publik dituntut terus berinovasi dan menggunakan teknologi sehingga tercipta layanan publik yang akurat, cepat, dengan biaya murah.

ā€œAgar kualitas pelayanan publik semakin baik, para penyedia pelayanan harus menangani serta menindaklanjuti segala bentuk aduan dari masyarakat,ā€ Jelasnya.

- Advertisement -

Saat ini, kata Marsa Ariaputri, paradigma pengaduan telah bergeser menjadi sebuah kebutuhan bagi instansi Pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadi, Pemerintah membutuhkan strategi penanganan pengaduan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

ā€œTujuannya adalah sebagai informasi kebijakan proses pelaksanaan perbaikan pelayanan publik melalui pengelolaan pengaduan.

Dan bermanfaat dalam membuka wawasan bahwa pemerintah telah banyak berusaha untuk merubah paradigma layanan publik.,ā€ Imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Cok Adithya WP mengakui jika bimtek ini sangat bermanfaat. Karena peran PPID dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat Buleleng sangat penting. Selain itu juga sebagai bentuk implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008.

ā€œSaya harapkan hasil Bimtek dapat menghasilkan output yang maksimal untuk diterapkan di PPID Buleleng,ā€ katanya. |R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts