Kebakaran Beruntun Terjadi di Sejumlah Lokasi di Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Kebakaran menimpa rumah di Banjar Dinas Konci, Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, milik  I Wayan Suyama, Rabu 21 November 2018. Peristiwa berawal saat pemilik rumah usai memasak menggunakan tungku. Abu sisa tungku itu kemudian dibuang sembarangan.

Karena masih menyimpan bara, api kemudian melahap tanaman kering. Tak lama berselang api membesar dan merembet hingga kerumahnya hingga keseluruhan bangunan hangus terbakar.

- Advertisement -

Tim Pemadam Kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran menerjunkan dua unit mobil pemadam dari Pos Singaraja dan Pos Seririt. Penanganan kurang lebih berlangsung selama satu jam.

Di hari yang sama, sekitar pukul 13.10 wita, kebakaran juga terjadi di Banjar Dinas Jembong Desa Ambengan Kecamatan Sukasada, menghanguskan rumah milik Jro Mangku Gede Wayan Tandur.

Beruntung saat kejadian, di dalam rumah tidak ada penghuni, sehingga peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, surat berharga seperti sertifikat tanah, perhiasan emas dan uang tunai puluhan juta juga habis terbakar tak berbekas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gede Sugiartha Widiada mengatakan, dalam sehari ada empat laporan peristiwa kebakaran yang terjadi. Kebakaran tidak hanya menghanguskan rumah, namun sempat juga terjadi disebuah  lahan kosong di perumahan LC Desa Baktiseraga sekitar pukul 11.00 wita.

- Advertisement -

Kemudian kebakaran juga hampir melahap rumah dinas pegawai pajak di Kelurahan Kaliuntu, sekitar pukul 17.00 wita, akibat pembakaran sampah yang bersebelahan dengan lokasi kejadian.

Proses pemadaman di empat lokasi itu cukup sulit dilakukan. Pasalnya, saat peristiwa terjadi angin berhembus cukup kencang, sehingga membuat api semakin berkobar. Petugas pemadam kebakaran sedikitnya membutuhkan waktu hingga 1,5 jam untuk melakukan proses pemadaman di tiap lokasi.

“Untuk proses pemadaman kami kerahkan seluruh armada terdekat dan ada juga yang diback up dari pos Singaraja, sementara hanya kerugian materi, dan tidak ada korban jiwa,” ujarnya singkat. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts