Buleleng Ajukan Permohonan Hibah Lahan Taman Bung Karno dan Kolam Renang

Taman Bung Karno

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) akan mengajukan permohonan hibah terhadap lahan yang selama ini dimanfaatkan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno dan Kolam Nirmala Asri Kelurahan Banyuasri ke Pemerintah Provinsi Bali.

Untuk lahan RTH Bung Karno ada dua bidang tanah yang dimohon yakni seluas 86 are dan 94 are, sedangkan lahan kolam renang memiliki luas sekitar 1,2 hektar.

Pemerintah Kabupaten Buleleng selama ini memanfaatkan aset milik Pemerintah Provinsi Bali sebanyak 21 bidang tanah dan 16 unit bangunan. Bidang Aset BKD Buleleng pun akan mengajukan permohonan hibah secara bertahap terhadap aset tersebut.

“Dokumennya sudah lengkap semua, tinggal mengajukan permohonannya saja nanti,” ujar Kabid Aset BKD Buleleng, Made Pasda Gunawan.

Menurut Pasda, permohonan hibah dilakukan agar pemanfaatan lahan tersebut dapat sepenuhnya dilakukan oleh Pemkab Buleleng.

Jika lahan itu telah menjadi aset, maka Pemkab Buleleng dapat memaksimalkan bangunan yang ada di atas lahan tersebut sebagai sumber pendapatan daerah. Karena selama ini, Pemkab Buleleng tidak bisa melakukan pungutan seperti misalnya retribusi.

“Jika pengelolaan penuh menjadi aset Pemkab Buleleng maka segala bentuk pemanfaatan berupa sewa atau retribusi, bisa dikelola oleh Pemkab Buleleng. Selama ini kita hanya keluar dana untuk peneliharaan, sementara tidak ada pemasukan,” jelasnya. |RM|