Penyusunan Perda Peminjaman Dana Tunggu Pra Design Gedung Rawat Inap Baru

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Kabupaten Buleleng memastikan akan melakukan peminjaman dana kepada PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) untuk rencana pembangunan gedung rawat inap baru untuk pelayanan kelas 1 dan 2 di RSUD Buleleng.  

Pemkab Buleleng bahkan sudah ancang-ancang untuk membuat perda terkait dengan rencana peminjaman dana ke BUMN tersebut. Namun penyusunan perda itu masih harus menunggu tuntasnya pra-design yang dilakukan pihak RSUD Buleleng.

- Advertisement -

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sudah merestui rencana pembangunan gedung rawat inap itu dengan menggunakan dana dari pihak keiga.

Bupati yang berlatar profesi sebagai pengusaha ini menjelaskan bahwa peminjaman dana kepada PT.SMI yang menjadi salah satu alternative yang paling bagus untuk ditempuh, dalam melaksanakan pembangunan fisik dengan dana yang besar.

PT. SMI menawarkan kredit lunak, yakni tingkat pelunasan ringan, bunga rendah, hingga berjangka waktu panjang. Baginya, melakukan pembangunan fisik degan nilai yang besar dengan sistem pinjaman dari BUMN tersebut dirasakan akan lebih menguntungkan.

Terkait dengan sejumlah persyarat dan perangkat yang dibutuhkan termasuk Perda, Agus Suradnyana mengaku akan menyiapkan hal tersebut. Hanya saja saat ini, masih menunggu tahapan pra design oleh pihak RSUD Buleleng untuk mengetahui kebutuhannya yang pasti.

- Advertisement -

“Kita akan mengajukan pinjaman kesana (PT.SMI). Perangkatnya dan Perdanya memang harus kita siapkan. Yang pasti model aturannya diikuti saja, yang jelas semua sesuai regulasi,” ujarnya.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana juga yakin jika kemampuan Keuangan daerah Buleleng mampu untuk membayar angsuran baik pokok termasuk bunga yang nantinya ditawarkan oleh PT. SMI.

“Karena bunganya lunak dan waktunya panjang, Saya rasa bisa membayar angsuran pokok dan bunganya melalui APBD,” ujarnya yakin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Manajemen RSUD Buleleng berencana melakukan peminjaman dana ke PT SMI untuk mebangun gedung rawat inap baru untuk pelayanan kelas 1 dan 2. Gedung baru ini akan mengorbankan gedung rawat inap Paviliun VIP Mahottama serta menggunakan lahan di sebelah baratnya.

Pavilliun VIP Mahottama akan dibongkar dan diratakan, lalu dibangungedung yang baru tersebut.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts