BPBD Distribusikan Bantuan Terpal, Sembako dan Kantong Plastik

Singaraja, koranbuleleng.com| Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng mendistribusikan bantuan berupa terpal dan sembako ke Daerah terdampak bencana.

Selain itu, BPBD Buleleng juga mendistribusikan tiga ribu unit karung plastik bantuan dari BPBD Provinsi Bali, untuk daerah pesisir yang terdampak gempuran gelombang pasang.

- Advertisement -

Nantinya, karung plastik ini bisa diisi pasir dan material batu kerikil, untuk dimanfaatkan menahan gempuran air laut. Sehingga abrasi di sepanjang pesisir pantai wilayah Buleleng tidak semakin parah.

BPBD Buleleng hingga kini masih menyusun laporan kerugian hasil assessment yang dilakukan tim di sejumlah titik lokasi bencana. Sementara, BPBD telah menghitung kerugian sementara akibat bencana yang terjadi 22 Januari lalu yakni mencapai Rp773 juta. 

Untuk data secara keseluruhanm BPBD masih menunggu hasil laporan dari masing-masing pemerintah kecamatan. Pasalnya, sampai dengan Kamis, 24 Januari 2019, belum ada pihak Kecamatan yang melaporkan jenis bencana yang terjadi beserta dampak kerugian yang ditimbulkan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana menjelaskan, asssessmen penting dilakukan untuk memastikan langkah dalam penanganan paska bencana. Dari assessmen ini, nantinya juga menjawab instansi yang berhak untuk melaksanakan penanganan.

- Advertisement -

“Dari assessment ini bisa kita lihat, apa yang harus dikerjakan dan siapa yang harus mengerjakan penanganan paska bencana. Artinya kewenangannya jelas, agar tidak menyalahi aturan,” jelasnya.

Sementara untuk penanganan awal lanjut Suadnyana, pihaknya sudah mendistribusikan bantuan berupa terpal dan sembako ke beberapa Desa yang terdampak bencana, yakni Desa Bebetin dan Desa Sangsit di Kecamatan Sawan.

“Bantuan yang kami serahkan tergantung jumlah berapa yang rusak. Ini sekalian assesment kelokasi, daripada nunggu laporan Camat yang sampai saat ini belum kami terima,” ujarnya.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts