Pemkab Buleleng Kembali Gencarkan Pemakaian Endek


Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten Buleleng terus berupaya mengembangkan dan melestarikan kerajinan Endek asli Buleleng. Perkembangan industri kerajinan asli Buleleng itu saat ini dinilai belum maksimal. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan memaksimalkan pemakaian pakaian Endek dalam event Buleleng Endek Carnaval (BEC).

Hal itu diungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST saat melaksanakan audiensi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Buleleng di Rumah Jabatan Bupati, pada Kamis 21 Februari 2019.

- Advertisement -

Audiensi dimaksud dilaksanakan dalam rangka penulisan buku terkait dengan industri kerajinan Endek dan Songket di Buleleng.

Menurut Bupati Agus Suradnyana, untuk lebih mengenalkan Endek ke masyarakat adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Endek dalam pelaksanaan Buleleng Endek Carnaval (BEC).

Menurutnya, pelaksanaan BEC selama ini dinilai lebih kepada hiburan. Untuk itu dia akan mengubah model pelaksanaan BEC agar lebih efektif sesuai dengan tujuan awalnya.

“Saya ingin model (pelaksanaannya) diubah, sifatnya bukan kepada hiburan, tetapi lebih pada aplikasi pemakaian Endek. Tidak ada penampilan dengan hiburan yang modelnya fashion, tapi lebih kepada aplikasi pakaian formal,” ungkapnya.

- Advertisement -

Hal itu dilakukan Bupati Suradnyana karena melihat pelaksanaan BEC selama ini belum mampu membawa pengerajin Endek di Buleleng lebih berkembang. Padahal, lanjut Agus, tujuan awal pelaksanaan BEC adalah untuk memasyarakatkan penggunaan Endek, sehingga industri Endek di Buleleng dapat berkembang.

“Pengerajin Endek kita sekarang sudah mulai menanyakan seberapa besar pemakaian hasil kerajinan Endek, sehingga bisa menyerap tenaga kerja di Kabupaten Buleleng,” paparnya.

Selain memaksimalkan penggunaan Endek, pelaksanaan BEC nantinya juga akan digelar lebih efisien. Tahun ini, BEC akan digelar bersamaan dengan pawai serangkaian HUT Kota Singaraja. 

Selain mengubah model pelaksanaan BEC,  mantan Anggota DPRD Bali ini juga akan membuat aturan di kalangan pegawai lingkup Pemkab Buleleng, dimana nantinya baju Endek digunakan pada pemakaian pakaian adat setiap hari Kamis. Hal ini dinilainya akan mampu meningkatkan produktivitas industri kerajinan Endek di Buleleng.

“Sekarang kan pegawai pakai baju bebas kalau pakai pakaian adat. Nanti akan kami atur supaya pakaian adat memakai baju Endek, kamen Endek, dan bila perlu udengnya juga bahan Endek. Sehingga dengan demikian industri Endek kita akan semakin berkembang,” jelas Bupati yang akrab disapa PAS ini.

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts