Tim Rugby Asal Jepang Latihan Bersama Atlet Buleleng


Singaraja, koranbuleleng.com | Tim Rugby dari Ryutsu Keizei University (RKU) Jepang berkunjung ke KONI Buleleng untuk bertukar pengalaman dengan atlet Rugby Buleleng sekaligus mensosialisasikan olahraga Rugby di Buleleng agar lebih banyak yang berminat untuk mencintai olahraga ini. Tim ini merupakan juara dalam Asian Games 2018 lalu.

Kedatangan Rugby RKU ini dampingi langsung oleh Ketua Harian Pengprov PRUI Bali Wiradita Lokantara dan diterima Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana beserta jajaran, Selasa 26 Februari 2019.

- Advertisement -

Kehadiran Tim Rugby membawa empat orang atletnya, serta satu orang pelatih dan penterjemah dari Bandung.

Di Bali, olahraga Rugby tergolong belum populer seperti kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, Bandung, maupun Surabaya. Secara organisasi keolahragaan, Rugby di Bali belum sepenuhnya terbentuk di seluruh kabupaten dan kota. Namun, di Buleleng justru sudah lahir atlet-atlet Rugby yang siap tanding.

Pemerintah Jepang bekerjasama dengan organisasi nirlaba, JICA, berkunjung ke sejumlah daerah di Indonesia untuk mensosialisasikan olahraga Rugby ini. Mereka juga tertarik melihat pola pelatihan dan permainan Rugby di Indonesia.

Kunjungan tim Rugby RKU Jepang ke Buleleng, selain untuk bertatap muka dengan jajaran Pengurus KONI Buleleng, juga melakukan latihan bersama dengan atlet-atlet Rugby Buleleng.

- Advertisement -

Ketua KONI Buleleng, Nyoman Artha Widnyana menyatakan kunjungan ini kesempatan emas bagi atlet Rugby Buleleng untuk menimba ilmu dan pengalaman tentang pola permainan dan tehnik.

“Apalagi, tim ini adalah juara dalam Asian Games 2018 jadi atlet di Buleleng harus memanfaatkan ini dengan baik,” kata Artha.

Menurut Artha, Rugby di Buleleng berkembang dari sejumlah kampus dan sekolah, sehingga atlet Rugby di Buleleng lebih banyak terkonsentrasi untuk melakukan latihan di sentra dan sarana latihan milik kampus. Namun begitu, Artha mengaku KONI Buleleng sudah bertekad untuk mendukung seluruh atlet Rugby untuk terus meraih prestasi.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov PRUI Bali Wiradita Lokantara mengatakan, kedatangan tim Rugby asal Jepang ini bisa dimanfaatkan oleh atlet Rugby di Buleleng dan Bali untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen pra-Pon di Bali, Porprov Bali serta turnamen bertaraf nasional lainnya di kota-kota besar di Indonesia.

“Jadi, ini harus dimanfaatkan untuk menimba dan mengasah permainan.” ucap Wiradita.

Wiradita juga mengapresiasi kematangan dan kekuatan atlet-atlet Rugby di Buleleng sangat bagus, terutama dari sisi disiplin. Seringkali, dalan sejumlah turnamen lokal maupun agenda bersama antar atlet Rugby se-Bali, atlet-atlet Buleleng sangat disiplin.
“Saya kira disitu, dari sisi disiplin, atlet Rugby Buleleng sangat baik,” ucapnya.

Selain berkunjung ke Buleleng, tim Rugby RKU Jepang juga mengunjungi beberapa kabupaten dan kota di Bali, serta berkeliling ke sejumlah kota lainnya di Indonesia.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts